Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Meletakkan Kursi Menghadap Langsung ke Tempat Tidur?

Kompas.com - 14/09/2023, 09:11 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui adalah ilmu Tiongkok kuno yang mempelajari tentang aliran energi di dalam ruangan dan menata benda-benda di rumah, termasuk kamar tidur

Dalam feng shui, kamar tidur adalah ruangan yang penting diperhatikan sehingga perlu menata barang-barang dengan benar, seperti meletakkan kursi.   

Baca juga: 3 Cara Menghadirkan Feng Shui Baik di Kamar Tidur

Biasanya, beberapa kamar tidur berukuran besar memiliki kursi di dalamnya untuk menjadi tempat duduk saat membaca buku dan bersantai. Namun, meletakkan kursi di kamar tidur perlu memperhatikan dengan posisi tempat tidur.  

Misalnya, bolehkan meletakkan kursi menghadap langsung ke tempat tidur? 

Laura Morris, salah satu pendiri Mindful Design Feng Shui School asal Kanada, mengatakan tidak ada aturan tegas dalam feng shui kamar tidur untuk tidak meletakkan kursi menghadap tempat tidur.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat meletakkan kursi di kamar tidur. 

Baca juga: 5 Benda Paling Kotor di Kamar Tidur, Apa Saja? 

Ilustrasi kamar tidur, cermin di kamar tidur.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kamar tidur, cermin di kamar tidur.
Dilansir dari Living Etc, Kamis (14/9/2023), Anjie Cho, pakar feng shui asal Amerika Serikat, mengatakan tidak ada aturan dalam feng shui yang mengatakan kursi tidak boleh menghadap ke kasur atau tempat tidur.

Namun, menurut feng shui, penting memperhatikan posisi tempat tidur. Letakkan tempat tidur di posisi Anda dapat melihat pintu saat sedang berbaring untuk membuat merasa aman serta nyaman.

Jika ingin menambahkan kursi di kamar tidur, Anjie menyarankan memiliki dua kursi berlengan dan satu untuk setiap orang. Hal ini akan membantu menciptakan keseimbangan dan harmoni di dalam kamar tidur. 

Baca juga: 4 Manfaat Jendela Kamar Tidur yang Tidak Boleh Disepelekan

Penempatan kursi yang ideal di kamar tidur

Ilustrasi kamar tidur.UNSPLASH/CHASTITY CORTIJO Ilustrasi kamar tidur.
Anjie menyarankan menempatkan kursi di dekat jendela atau menempel di dinding. Posisi ini akan membuat kursi lebih fungsional dan tidak mengganggu pemandangan.

Laura mengatakan sebaiknya meletakkan kursi di sudut kiri depan kamar tidur. Area ini mewakili pengetahuan dan pengembangan diri sehingga merupakan tempat bagus untuk duduk serta membaca atau bermeditasi.

Morris juga menyarankan menempatkan kursi di sudut kanan depan kamar tidur. Posisi ini secara simbolis dapat mengundang orang datang membantu ke dalam kehidupan Anda. 

Baca juga: 5 Cara Memilih Pencahayaan Kamar Tidur, Hangat dan Nyaman

Dimana harus menempatkan kursi di kamar tidur kecil?

Kamar tidur kecil bisa jadi menantang untuk ditata, tetapi ada beberapa cara membuat ruangan tetap nyaman dan fungsional.

Untuk kamar tidur kecil, Cho menyarankan menggunakan kursi yang kecil dan ramping. Hindari menggunakan kursi besar dan berat karena memakan terlalu banyak ruang serta membuat kamar tidur kecil semakin sempit.

Menurut Anjie, sebelum meletakkan kursi, perlu mempertimbangkan apakah Anda benar-benar akan menggunakannya di kamar tidur.

"Jika tidak akan sering menggunakan kursi, mungkin lebih baik tidak memilikinya sama sekali," ucapnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com