Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Ketel di Rumah dengan Mudah dan Murah

Kompas.com - 12/09/2023, 18:08 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketel atau teko merupakan salah satu perlengkapan dapur yang berfungsi untuk mendidihkan dan menyajikan air. Seringkali ketel digunakan untuk menampung air matang yang siap diminum.

Perlengkapan rumah tangga ini hampir selalu ada di rumah. Jenis ketel yang biasanya digunakan yaitu ketel berbahan stainless steel.

Penggunaan ketel setiap hari membuat terjadinya penumpukan kerak kapur dari air. Kondisi ini akan membuat ketel kotor dan terkadang membuat ketel tersumbat, sehingga tidak bisa mengalirkan air.

Baca juga: Cara Membersihkan Kerak Putih pada Bagian Dalam Ketel

Namun, kerak tersebut tetap bisa dibersihkan dengan mudah. Dikutip dari Good Housekeeping, Selasa (12/9/2023), berikut ini cara membersihkan ketel di rumah.

Cara membersihkan kerak pada ketel

Salah satu cara untuk membersihkan kerak di ketel dengan mudah dan murah yaitu cukup dengan mengisi cuka putih dengan air. Kemudian, biarkan selama semalaman.

Ilustrasi teko air, ketel air. SHUTTERSTOCK/AVOCADO_STUDIO Ilustrasi teko air, ketel air.

Di pagi hari, kerak biasanya akan mudah terlepas. Bilas dengan air bersih untuk menghilangkan bau cuka yang tersisa, lalu rebus air segar setelah perawatan.

Selain menggunakan cuka dan air, ada juga bahan kimia khusus yang bisa digunakan untuk mengangkat kerak di ketel. Anda bisa mencarinya di e-commerce.

Kemudian, ikuti petunjuk pada kemasan agar kerak dalam ketel bisa terkikis sempurna.

Kegiatan membersihkan ketel sebaiknya dilakukan secara rutin sekitar empat sampai delapan minggu sekali agar kerak tidak menumpuk. Sebab, semakin lama ketel tidak dibersihkan, semakin sulit kerak dibersihkan.

Baca juga: Cara Membersihkan Kerak di Teko Listrik

Cara membersihkan bagian luar ketel

Selain bagian dalam, bagian luar ketel juga harus rutin dibersihkan. Caranya dengan membersihkan menggunakan sabun dan air panas, namun jangan merendam ketel.

Lalu, usap ketel dengan kain mikrofiber agar kotoran dan noda di bagian luar ketel terangkat. Kemudian, bilas dengan air bersih.

Cara mencegah kerak kapur di ketel

Tak hanya cara membersihkan ketel yang mudah, cara mencegah kerak pada perlengkapan rumah tangga ini juga tidak sulit.

Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan pelindung ketel seperti bola kawat baja tahan karat yang bisa menarik endapan dari dasar dan samping. Selain itu, bilas dan peras setiap bulan untuk membersihkannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com