Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2023, 11:13 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Soda kue atau baking soda juga dikenal sebagai soda bikarbonat, secara tradisional digunakan sebagai bahan ragi dalam membuat kue.

Namun, baking soda juga bisa digunakan di sejumlah area dan peralatan di sekitar rumah Anda seperti teko listrik. Teko listrik bisa menampung kerak kapur dalam jumlah besar sebagai akibat dari air sadah.

Saat teko mendidih, kalsium karbonat yang tidak larut akan terbentuk dari air yang menyebar ke seluruh alat. Ini terbentuk sebagai limescale yang akan tetap berada di teko listrik sampai benar-benar dibersihkan.

Baca juga: Kenali, 3 Tanda Teko Air Harus Segera Dibersihkan

Ilustrasi teko listrik.SHUTTERSTOCK / talyonen Ilustrasi teko listrik.

Dilansir Express.co.uk, untuk mulai membersihkan kerak di teko listrik, pertama-tama pastikan alat sudah dicabut dan kosong. Kemudian tambahkan dua sendok makan soda kue dan secangkir air.

Penting untuk tidak menambahkan terlalu banyak air untuk memastikan ada banyak ruang agar air menggelembung dan mendesis saat bereaksi dengan soda kue.

Setelah soda kue dan air ditambahkan ke ketel, kemudian mendidihkan dan membiarkannya selama 15 menit sebelum mengosongkannya ke bak cuci.

Untuk memastikan semua soda kue sudah hilang, rebus air lagi. Setelah mendidih untuk kedua kalinya, gunakan kain mikrofiber basah untuk mengelap bagian luar alat karena ada bekas air.

Baca juga: Cara Membersihkan Kerak Kapur pada Teko Listrik

Bagi mereka yang memiliki limescale ekstrim, disarankan untuk mendidihkan air dengan soda kue dan air untuk kedua kalinya.

Sebagai pedoman umum, Anda harus berusaha membersihkan kerak teko setiap empat hingga delapan minggu jika Anda tinggal di daerah air sadah atau setiap tiga bulan jika Anda tinggal di daerah air lunak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com