Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Noda Terbakar pada Bagian Bawah Teko

Kompas.com - 21/04/2022, 22:50 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagian bawah teko atau ketel sering kali terkena noda terbakar berwarna cokelat. Selain terlihat kotor, noda ini membuat teko tidak sedap dipandang dan terlihat tidak terawat. 

Ada beberapa hal yang menyebabkan noda terbakar muncul pada bagian bawah teko seperti zat tertentu yang mengandung gula serta paparan suhu yang meningkat dengan cepat dan lemak atau minyak yang terbakar. 

Untungnya, noda terbakar ini tidak dapat membuat teko hancur. 

Baca juga: Mudah, Begini Cara Membersihkan Teko yang Berkerak 

Mengapa panci, wajan, dan ketel bisa terkena noda terbakar? 

Ilustrasi teko air, ketel air. PIXABAY/MASTERTUX Ilustrasi teko air, ketel air.
Jenna Arkin, Wakil Presiden Inovasi di ECOS, mengatakan noda bakar dan tanda hangus yang muncul pada bagian bawah peralatan memasak biasanya disebabkan minyak, lemak, atau hal lain yang terbakar dan menempel pada wajan. 

Kebanyakan peralatan masak dibuat untuk menahan panas dan terbakar. Namun, ketika minyak ditambahkan, hal itu bisa membakar serta menodai permukaan.

Selain itu, ion logam dari penumpukan air sadah juga bisa menyebabkan noda terbakar pada teko. 

"Jika rumah memiliki air sadah, ini berarti ada lebih banyak logam keras seperti kalsium dan magnesium di dalam air," ucap Arkinnya dilansir dari Martha Stewart, Kamis (21/4/2022).

Begitu air mendidih, logam ini tetap berada pada permukaan peralatan masak dan menyebabkan noda, terutama untuk bagian luar panci, wajan, serta teko. 

Baca juga: 5 Cara Ampuh Membersihkan Noda MInyak Membandel di Peralatan Makan

Menghilangkan noda

Untuk membersihkan noda terbakar pada teko, panci, dan wajan, James Conner, Vide President of Operations di Molly Maid, sebuah perusahaan Neighbourly, mengatakan dapat menggunakan beberapa sarung tangan, cuka, sabun cuci piring, handuk atau lap, sikat gosok atau spons kasar, dan baking soda. 

"Keselamatan pertama pakai beberapa sarung tangan karet untuk menjaga tangan aman dari lemak dan minyak," ujar Conner.  

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Teh pada Teko

Selanjutnya, merendam teko dalam air panas dengan beberapa tetes sabun cuci piring. Semakin panas airnya, semakin baik.

"Berhati-hatilah agar airnya tidak terlalu panas agar tidak melukai diri," imbuh Conner.

Kemudian, rendam ketel selama 20 menit dan dua jam, tergantung pada tingkat noda bakarnya. Setelah merendam teko, taburi baking soda dan gunakan spons basah yang sedikit abrasif atau sikat dengan beberapa tetes sabun cuci piring, lalu mulailah menggosok teko. 

Baca juga: Teko Listrik, Kompor, atau Microwave yang Lebih Efisien Merebus Air? 

Residu yang sulit dihilangkan

Ilustrasi teko air. SHUTTERSTOCK/WOJMAC Ilustrasi teko air.
Jika residu masih tetap ada, ulangi langkah-langkah di atas sampai hilang atau coba tutupi permukaannya dengan baking soda dan tuangkan cuka ke atasnya.

Conner mengatakan Anda harus menunggu selama reaksi kimia penghilang noda ini terjadi, lalu membersihkan dengan spons sabun. 

Baca juga: Dari Ketel Hingga Microwave, 3 Benda Ini Dapat Dibersihkan dengan Cuka 

Pencegahan

Arkin menjelaskan, cara terbaik mencegah noda terbakar pada teko adalah mengendalikan panas kompor. Jangan biarkan cairan terbakar saat memasak serta pastikan segera membersihkan tumpahan dan kotoran yang mengenai ketel saat berada di atas kompor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com