Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2022, 18:04 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Minuman seperti kopi dan teh akan terasa lebih nikmat ketika diseduh masih dalam keadaan hangat, terlebih saat udara terasa dingin.

Akan tetapi, memanaskan air menggunakan kompor cukup merepotkan. Walhasil, teko listrik menjadi alternatif yang digunakan sebagian orang.

Baca juga: Teko Listrik, Kompor, atau Microwave yang Lebih Efisien Merebus Air?

Teko listrik memungkinkan air untuk bersentuhan langsung dengan elemen pemanas. Dengan demikian, lebih cepat memanaskan minuman dibanding menggunakan kompor.

Meski hanya digunakan memanaskan air, kebersihan teko listik tetap perlu diperhatikan demi menjaga kualitas dan membuatnya tahan lama. Salah satu cara merawat teko listirk adalah membersihkannya dengan rutin dan tepat. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Teh pada Teko

Kenapa teko listrik harus dibersihkan?

Ilustrasi teko listrik.SHUTTERSTOCK / New Africa Ilustrasi teko listrik.

Disadur dari Country Living, Minggu (8/5/2022), teko listrik dapat dipenuhi kerak seperti garam putih yang membuatnya tidak cukup cepat untuk mendidihkan air.

Air mengandung mineral. Saat mendidih, sebagian mineral akan tertinggal dan terjatuh ke dasar ketel. Ini akan sangat bermasalah jika air yang dimasak adalah air sadah yang memiliki banyak mineral.

Seiring berjalannya waktu, residu mineral akan menjadi kerak dan menyumbat elemen panas teko listrik. Akibatnya, peralatan elektronik rumah tangga ini tidak bekerja dengan efisien.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Terbakar pada Bagian Bawah Teko 

Cara mencuci teko listrik

Untuk menghilangkan kerak dari bagian dalam teko listrik, kamu memerlukan senyawa asam seperti cuka atau bubuk asam sitrat. Dua bahan ini akan diencerkan dengan air.

Ilustrasi teko listrik.SHUTTERSTOCK / goffkein.pro Ilustrasi teko listrik.

Jika menggunakan cuka putih suling, tuangkan air dan cuka dengan perbandingan sama ke dalam teko listrik hingga setengah penuh.

Nyalakan teko listrik untuk mendidihkan larutan, kemudian diamkan larutan cuka putih dan air di dalam teko selama 15-20 menit.

Buang campuran tersebut dan bilas teko hingga bersih. Jika masih ada kotoran yang tersisa, gunakan sisi spons yang kasar untuk membersihkannya.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Membersihkan Teko yang Berkerak

  • Bubuk asam sitrat

Asam sitrat adalah bahan alami yang terkandung dalam buah jeruk dan telah diproduksi secara komersial sejak awal abad ke-20.

Saat ini, bubuk asam sitrat dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran, jamur, dan bakteri. Bahkan, bisa digunakan untuk membersihkan teko listrik.

Cara menggunakannya adalah dmengisi setengah teko listrik dengan air dan didihkan. Setelah mendidih, tambahkan satu hingga dua sendok makan bubuk asam sitrat, diamkan selama 15-20 menit, lalu buang larutan, gosok, dan bilas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com