Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Mendekorasi Kamar Tidur dengan Warna Biru

Kompas.com - 10/09/2023, 20:00 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Siti Nur Aeni

Tim Redaksi

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com -  Mendekorasi kamar tidur dengan nuansa biru bisa menjadi salah satu cara agar kamar terlihat lebih segar. Selain dikenal sebagai warna menenangkan, warna biru juga serbaguna sehingga dapat melengkapi berbagai gaya dekorasi.

Ada berbagai cara untuk menghadirkan warna biru ke dalam kamar tidur, dari cat dinding, furnitur, hingga seprai. Agar tampilan lebih menarik, Anda juga dapat memadukannya dengan warna lain.

Baca juga: Ternyata, Ini Manfaat Mengecat Dinding dengan Warna Biru

Dikutip dari Real Homes, Minggu, (10/9/2023), berikut sejumlah ide mendekorasi kamar tidur dengan warna biru.

Memilih cat dinding berwarna biru

Cat adalah cara paling sederhana menghadirkan warna biru ke dalam kamar tidur Anda. Anda bisa memilih warna teal blue yang cantik.

Ilustrasi kamar tidur remaja dengan nuansa warna biru.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kamar tidur remaja dengan nuansa warna biru.

Warna ini tampak seperti pilihan berani, namun cocok untuk semua ukuran ruangan dengan berbagai macam tingkat pencahayaan alami. Warna ini juga tidak terlihat terlalu gelap atau datar.

Anda bisa membuat satu dinding fitur di belakang tempat tidur atau mengecat keempat sisi. Padukan warna tersebut dengan dekorasi dan furnitur sederhana. Tambahkan warna putih untuk membuat kontras dan menonjolkan warna biru.

Baca juga: 5 Ide Memasukkan Warna Biru ke Kamar Tidur

Menghadirkan warna biru pada furnitur

Tidak hanya menggunakan cat, Anda juga dapat menghadirkan warna biru melalui furnitur. Kepala tempat tidur atau headboard berwarna biru merupakan pilihan tepat karena tempat tidur cenderung menajadi fokus ruangan.

Anda juga bisa menambahkan warna biru dengan material kain dan dekorasi, atau pilih wallpaper yang serasi dengan tampilan kamar tidur.

Tambahkan warna biru dengan seprai

Ide mendekorasi kamar dengan warna biru lainnya yaitu dengan memilih seprai berwarna biru. Seprai biru bisa menciptakan tampilan santai dan tenang. Anda dapat menyegarkan tampilan dengan panel dinding berwarna putih.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Ini Ukuran Seprai yang Tepat untuk Kasur

Jangan takut mengontraskan warna

Kuning dan biru tampak seperti skema warna berani, namun pilihan warna tepat akan menciptakan kamar tidur menyenangkan serta tampak hidup yang tidak terasa berlebihan.
Pilihlah warna yang sedikit kalem.

Kuning mustard dengan teal yang kalem bisa menjadi pilihan bagus. Anda dapat memilih seprai putih sederhana jika ingin tampilan minimalis atau tampil beda dengan menambahkan warna kuning dan biru pada tempat tidur serta bantal.

Pilih warna biru langit

Jika menginginkan nuansa terang dan sejuk di kamar tidur, warna biru langit atau sky blue bisa menjadi pilihan.

Baca juga: Alasan Biru Menjadi Warna Terbaik untuk Kamar Tidur

 

Ilustrasi kamar tidur bernuansa biruSHUTTERSTOCK/GAF-LILA Ilustrasi kamar tidur bernuansa biru
Ini adalah warna yang cocok untuk kamar tidur bergaya klasik. Namun, Anda dapat menyesuaikannya dengan gaya lebih modern melalui perpaduan warna putih atau biru navy.

Memilih tempat tidur biru

Jika ingin menjaga dinding tetap berwarna netral, Anda dapat menambahkan wallpaper abu-abu.

Kemudian, pilih tempat tidur berwarna biru tua sebagai titik fokus di ruangan.

Biru dan abu-abu adalah kombinasi yang bagus dan Anda bisa bermain dengan tone berbeda guna menambah daya tarik.

Itulah beberapa ide mendekorasi kamar dengan warna biru. Sesuaikan ide dekorasi tersebut dengan selera Anda agar tetap nyaman saat menempati ruangan tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com