Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2023, 15:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bawang merah merupakan bumbu dapur yang bisa memberikan rasa sedap pada makanan. Selain menjadi penyedap rasa, bawang merah juga bisa diolah menjadi pestisida nabati.

Bagian dari tanaman bawang merah yang bisa diolah menjadi pestisida alami yaitu umbi hingga kulitnya. Bawang merah mengandung acetogenin yang bisa menjadi antifeedant.

Perlu diketahui bahwa antifeedant adalah jenis pestisida yang bekerja dengan cara meng alami hama pemakan tanaman. Akibatnya, hama perlahan mati dan populasinya berkurang.

Baca juga: Cara Membuat Pestisida Nabati dari Bawang Putih dan Menggunakannya

Beberapa jenis hama dan penyakit yang bisa dikendalikan menggunakan pestisida dari bawang merah, antara lain; penyakit alternaria, antraknosa, fungisida, busuk daun, hama ulat, dan lain sebagainya.

Selain efektif untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman, cara membuat pestisida dari bawang merah juga tidak sulit. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Ilustrasi umbi bawang merah.SHUTTERSTOCK/REVIANA Ilustrasi umbi bawang merah.

Membuat pestisida dari umbi bawang merah

Dilansir dari Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Minggu (10/9/2023), pembuatan pestisida alami dari bawang merah diawali dengan menyiapkan bahan dan alat, seperti;

  • Umbi bawang merah 50 gram
  • Air 1 liter
  • Ember
  • Alat penyaring

Baca juga: Cara Membuat Pestisida dan Pupuk dari Bawang Merah

Setelah semua alat dan bahan tersedia, langkah selanjutnya yaitu menumbuk bawang merah sampai hancur. Lalu, tambahkan air dan aduk sampai merata.

Saring untuk memisahkan larutan dengan ampasnya. Selanjutnya, semprotkan pestisida tersebut ke seluruh bagian tanaman di pagi atau sore hari.

Cara membuat pestisida dari kulit bawang merah

Selain bagian umbinya, kulit dari bawang merah juga bisa dimanfaatkan sebagai pestisida. Mengutip dari Maspul Journal of Community Empowerment 4(2), pembuatan pestisida ini diawali dengan mengumpulkan limbah kulit bawang merah terlebih dahulu.

Kemudian, kulit bawang merah dimasukkan ke dalam botol plastik atau kaca sebanyak ¼ hingga ½ bagian. Lalu, tambahkan air dan diamkan selama 1 sampai 2 hari.

Terakhir, pestisida bisa langsung diaplikasikan ke tanaman dengan cara menyemprotkan ke bagian tanaman yang terserang.

Baca juga: Cara Membuat Zat Perangsang Tumbuh Tanaman dari Bawang Merah

Itulah penjelasan seputar cara membuat pestisida dari bawang merah yang bisa Anda aplikasikan dengan mudah. Pemberian pestisida ini bisa menjadi alternatif pengendalian hama dan penyakit tanaman dengan aman dan efektif.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com