Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kesalahan Membersihkan Debu yang Harus Dihindari

Kompas.com - 23/08/2023, 11:25 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Debu yang menumpuk di rumah tak hanya membuat kotor, tapi juga berdampak buruk pada kesehatan, seperti mengganggu pernapasan, alergi, serta sinus. 

Karena itu, membersihkan debu perlu dilakukan secara teratur dan tepat. Sebab, banyak orang melakukan kesalahan saat membersihkan debu, baik alat maupun metode yang digunakan.  

Dikutip dari Martha Stewart, Rabu (23/8/2023), berikut sejumlah kesalahan membersihkan debu yang harus dihindari.

Baca juga: Cara Membersihkan Debu di Kipas Angin Tanpa Perlu Dibongkar

Tidak membersihkan debu dengan urutan tepat

Ilustrasi membersihkan debu di lantai rumah. SHUTTERSTOCK/VIPADALOVEYOU Ilustrasi membersihkan debu di lantai rumah.
Marla Mock, Presiden di Molly Maid—layanan kebersihan—mengatakan saat membersihkan debu di ruangan apa pun, pendekatan terbaik adalah membersihkan dari atas ke bawah.

Hal ini memungkinkan kotoran yang dibersihkan dari area lebih tinggi jatuh sehingga tidak perlu membersihkan dua kali.

Jena Touray dari layanan kebersihan The Maids mengatakan membersihkan debu dari kiri ke kanan guna membuat pembersihan lebih menyeluruh.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Menyedot Debu di Rumah?

Menggunakan alat yang salah

Gunakan alat tepat saat membersihkan debu di rumah untuk mencegahnya menumpuk. Mock menyarankan menggunakan kain mikrofiber bersih yang disemprot air. Kain harus cukup lembap untuk menangkap debu tanpa meninggalkan noda.

Gunakan teknik penerapan sama untuk semprotan pembersih. "Jika menggunakan pemoles atau semprotan furnitur, kami sarankan menyemprotkan atau mengoleskan bahan kimia langsung ke kain untuk menghindari penggunaan berlebihan dan mempermudah pembersihan," imbuh Touray.

Mock juga merekomendasikan kain pel debu. Menurutnya, alat pel debu dapat menghilangkan debu dan kotoran dari ruang yang tidak dapat dijangkau penyedot debu. 

Alat penting lain dalam perlengkapan pembersih debu adalah kuas kecil. "Bulu kuas sangat bagus untuk masuk ke lekukan rumit," kata Tourey.

Baca juga: 5 Kesalahan Menyedot Debu yang Bikin Rumah Lebih Kotor

Menggunakan teknik yang salah

Jika kain lap debu yang kusut tidak akan menangkap semua debu. "Melipat kain dengan rapi dan menjaganya tetap rata akan membuat kain lebih mudah dikendalikan dan memberikan hasil pembersihan terbaik," ujar Touray.

Ia menyarankan membersihkan permukaan dengan sapuan horizontal. Gerakkan dengan lembut di setiap perabot, lalu angkat perlahan sebelum beralih ke area berikutnya.

"Jangan mengibaskan kain atau debu hanya akan dilepaskan kembali ke udara sebelum mengendap di lantai alih-alih terperangkap kain Anda," kata Mock.

Baca juga: Cara Membersihkan Debu di Rumah dan Mencegahnya Menumpuk

Melupakan ruang-ruang kecil

Ilustrasi membersihkan debu pada furnitur kayu. SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi membersihkan debu pada furnitur kayu.

Area kecil mungkin tidak mengumpulkan debu sebanyak perabot besar, tapi setiap partikel yang tertinggal akan meningkatkan penumpukan debu secara keseluruhan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com