Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Kipas Angin Gantung agar Tidak Menyebarkan Debu

Kompas.com - 12/06/2023, 08:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada begitu banyak tempat di rumah di mana debu bisa bersembunyi. Kipas angin gantung atau kipas angin langit-langit adalah salah satunya.

Tidak hanya sulit untuk melihat semua debu yang menumpuk di bilah kipas angin gantung, tetapi juga sulit untuk membersihkan kipas angin yang tinggi.

Dilansir Southern Living, Senin (12/6/2023), Sara San Angelo, pembersih rumah profesional dan pendiri Confessions of a Cleaning Lady di Charleston, South Carolina, AS menjelaskan cara membersihkan kipas angin gantung.

Baca juga: Kipas Angin Gantung di Ruang Makan, Baik atau Buruk Menurut Feng Shui?

Ilustrasi kipas angin gantung atau kipas angin langit-langit di ruangan. SHUTTERSTOCK/GUY J. SAGI Ilustrasi kipas angin gantung atau kipas angin langit-langit di ruangan.

Pertimbangan sebelum membersihkan kipas angin gantung

Sebelum membersihkan kipas angin gantung, Anda harus mempertimbangkan seberapa tinggi kipas angin dan metode apa yang akan Anda gunakan untuk membersihkannya. Anda dapat menggunakan tangga atau kemoceng dengan batang panjang.

Anda juga harus mempertimbangkan apakah aman untuk membersihkan kipas angin gantung jika Anda berencana menggunakan tangga, jelas San Angelo.

San Angelo mengungkapkan, pastikan apakah tangga kokoh, cukup tinggi, dan apakah Anda merasa nyaman naik tangga itu.

Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan apakah Anda hanya membersihkan kipas angin atau membersihkannya secara menyeluruh. Ini membutuhkan tangga, kain mikrofiber, dan larutan pembersih.

Baca juga: Cara Memilih Kipas Angin Gantung Berdasarkan Ukuran Ruangan

Pembersihan mendalam akan melibatkan penyekaan pisau secara fisik dengan larutan pembersih dan kain mikrofiber, menurut San Angelo.

Seberapa sering harus membersihkan kipas angin gantung?

Frekuensi pembersihan kipas angin gantung sangat bergantung pada seberapa kotornya. Menurut San Angelo, Anda harus membersihkan kipas angin gantung segera setelah Anda melihat tanda-tanda debu pada bilahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com