Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Benar Tanaman Rosemary Bisa Mengusir Nyamuk? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 22/08/2023, 18:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyamuk adalah salah satu hama yang mengganggu di rumah. Ada banyak produk pembasmi nyamuk berbahan kimia yang dijual di pasaran, namun Anda bisa menggunakan bahan alami untuk mengusir nyamuk.

Dengan beberapa penolak alami seperti serai dan jenis tanaman pengusir nyamuk yang semakin populer, mungkin rosemary dapat ditambahkan ke daftar itu dan memungkinkan Anda nyaman di rumah tanpa khawatir digigit nyamuk.

Dikutip dari Homes & Gardens, Selasa (21/8/2023), sejumlah ahli mengatakan rosemary sebenarnya adalah pengusir nyamuk alami. Berikut penjelasan dan cara menggunakannya.

Baca juga: Cara Mengusir Nyamuk di Pot Tanaman Teras Rumah

Ilustrasi tanaman rosemary, daun rosemary.SHUTTERSTOCK/ANTIGONI LEKKA Ilustrasi tanaman rosemary, daun rosemary.

Mengapa rosemary ampuh mengusir nyamuk?

Rosemary adalah tanaman herbal yang terkenal karena kegunaannya untuk masakan, tetapi sifat penolak serangganya membuatnya semakin berharga.

Menurut Diana Cox dari The Gardening Talk, minyak atsiri yang diekstrak dari rosemary mengandung senyawa kuat seperti cineole, kamper, dan limonene, yang dikenal dengan efek pengusir nyamuknya.

Saat rosemary dibakar atau dihancurkan, senyawa ini dilepaskan ke udara, menciptakan penghalang yang menghalangi nyamuk. Ini telah didukung oleh dua penelitian ilmiah yang telah melaporkan keefektifan daya tolak rosemary.

Satu studi menyimpulkan bahwa larutan minyak 20 persen pada rosemary memberikan 100 persen melawan nyamuk selama 8 jam. Adapun studi lain menyatakan rosemary benar-benar mengusir nyamuk selama 90 menit.

Baca juga: Ternyata, Ini 6 Tempat Persembunyian Nyamuk di Rumah

Dengan kedua penelitian ini dikutip dalam Malaria Journal for BioMedCentral, Anda dapat merasa yakin bahwa rosemary akan membantu melindungi Anda dari nyamuk jika digunakan dengan benar.

Cara menggunakan rosemary untuk mengusir nyamuk

Meskipun rosemary dapat membantu mengusir nyamuk, penting untuk memahami keterbatasannya. Menanam rosemary di halaman rumah, misalnya, tidak akan menciptakan penghalang yang tidak bisa ditembus nyamuk. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com