Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2023, 22:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyamuk adalah salah satu hama yang sering muncul di rumah. Nyamuk suka menggigit dan yang berbahaya adalah menyebarkan penyakit.

Namun, jika Anda tidak ingin mengusir nyamuk dengan produk berbahan kimia, jangan khawatir. Anda bisa menggunakan bahan yang mungkin sudah ada di rumah, salah satunya adalah kopi.

Dikutip dari The Kitchn, Sabtu (10/6/2023), nyamuk membenci bau kopi. Ini berarti Anda dapat menyeduh kopi dan kemudian menggunakan ampas kopi untuk mengusir nyamuk.

Baca juga: 7 Cara Mengusir Nyamuk di Dapur, Pakai Sabun hingga Tanaman

Ilustrasi nyamuk, tangan digigit nyamuk. SHUTTERSTOCK/KWANGMOOZAA Ilustrasi nyamuk, tangan digigit nyamuk.

Pengguna media sosial mencoba berbagai metode untuk mengusir nyamuk dengan kopi. Bagian terbaiknya adalah Anda benar-benar dapat mencoba apa pun yang cocok untuk Anda dan apa yang Anda miliki.

Beberapa pengguna menaburkan bubuk kopi segar di sekeliling teras untuk menyebarkan aroma harum sekaligus mengusir nyamuk. Adapun yang lain mengemas bubuk kopi ke dalam cangkir atau gelas memadatkannya, dan membakarnya seperti lilin.

Ahli di Parachute Coffee menyatakan bahwa minuman berkafein favorit ini benar-benar mengusir berbagai jenis serangga, menjadikannya pilihan ideal untuk pesta luar ruangan dalam berbagai ukuran.

Tampaknya kopi yang dibakar dan ampas kopi yang tidak terpakai bekerja paling baik.

Baca juga: 4 Warna yang Disukai Nyamuk, Jangan Gunakan di Rumah

Sementara itu, mencampurkan air dengan kopi dapat memberikan nutrisi yang bermanfaat bagi tanaman dan pada saat yang sama mengusir nyamuk dewasa.

Tentu saja, Anda harus menjauhkan anak-anak dan hewan peliharaan dari ampas kopi apa pun keadaannya untuk mencegah mereka menelannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com