Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Ide Dekorasi Dinding Kamar Tidur, Bikin Lebih Hidup dan Cantik

Kompas.com - 11/08/2023, 21:17 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi dinding merupakan salah satu cara menyegarkan tampilan kamar tidur.

Dinding kamar tidur dapat didekorasi dengan banyak cara sehingga memberikan karakter dan gaya ke dalam ruangan. 

Baca juga: Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Menggantung Dekorasi Dinding

Dekorasi dinding kamar tidur dapat dihadirkan dengan berbagai material, tekstur, hingga warna. Namun, terkadang tidak mudah menentukan dekorasi yang tepat di antara banyaknya pilihan.

Untuk memudahkan Anda menentukan dekorasi yang cocok, berikut sejumlah ide dekorasi dinding kamar tidur, dikutip dari Living Cozy, Jumat (11/8/2023).

Cermin estetis

Ilustrasi cermin di atas tempat tidur. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi cermin di atas tempat tidur.
Menurut Stacy Lewis, desainer interior di Eternity Modern, cermin estetis adalah sesuatu yang penting dalam dekorasi rumah akhir-akhir ini karena memantulkan cahaya dan membuat ruangan kecil terasa lebih besar serta terang.

Ia juga menggunakan cermin sebagai elemen aksen untuk menghadirkan bentuk baru pada ruangan sekaligus sebagai benda besar yang tidak memakan banyak tempat.

Baca juga: Berapa Ketinggian yang Tepat untuk Menggantung Dekorasi Dinding?

Dinding aksen bata

Tambahkan pembaruan menarik, seperti memasang batu bata di belakang tempat tidur,  sebagai dinding aksen bergaya rustic. Tambahkan lampu gantung di atas meja nakas atau meja samping tempat tidur untuk menambah daya tarik.

Selain menciptakan tekstur menarik, dinding aksen batu bata dapat mengubah suasana ruangan. Sebagai contoh, dinding batu bata dapat mengubah kamar tidur yang tadinya terasa modern menjadi memiliki sentuhan gaya industrial.

Baca juga: Cara Membuat Dinding Batu Bata Ekspos Mengilap

Aksen kain

Aksen kain adalah cara memberikan sesuatu menarik tanpa membuat kamar tidur menjadi berlebihan.

Menurut Lucy Small, pendiri State and Season, aksen kain berfungsi sebagai dekorasi dinding yang praktis dan estetis. Kain menjadi aksen bagus untuk bereksperimen dengan warna.

Hiasan dinding dari kayu

Ilustrasi kamar tidur minimalis bergaya skandinavia.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kamar tidur minimalis bergaya skandinavia.
Lucy Small menyukai penggunaan aksen dan hiasan dinding dari kayu di ruangan yang telah memadukan berbagai warna berbeda.

"Saya suka menggunakan aksen atau hiasan dinding dari kayu karena tidak akan kontras dengan apa pun yang sudah ada, tapi menambahkan sedikit sentuhan perdesaan," katanya.

Cara sederhana menambahkan aksen kayu adalah menggantungkan seni dinding dan bingkai kayu.

Baca juga: 7 Ide Hiasan Dinding dengan Nampan yang Unik dan Etnik

Dinding galeri

Dinding galeri lebih dari sekadar cara memajang beberapa karya sekaligus. Dinding ini bisa menjadi titik fokus di ruangan, terutama jika dipasang pada dinding dengan warna yang menarik perhatian.

Ruang dinding dekoratif di kamar tidur berfungsi sebagai tempat menarik secara visual bagi mereka yang ingin menjaga sisa ruangan tetap minimalis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com