Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Ide Dekorasi Dinding Kamar Tidur, Bikin Lebih Hidup dan Cantik

Dinding kamar tidur dapat didekorasi dengan banyak cara sehingga memberikan karakter dan gaya ke dalam ruangan. 

Dekorasi dinding kamar tidur dapat dihadirkan dengan berbagai material, tekstur, hingga warna. Namun, terkadang tidak mudah menentukan dekorasi yang tepat di antara banyaknya pilihan.

Untuk memudahkan Anda menentukan dekorasi yang cocok, berikut sejumlah ide dekorasi dinding kamar tidur, dikutip dari Living Cozy, Jumat (11/8/2023).

Ia juga menggunakan cermin sebagai elemen aksen untuk menghadirkan bentuk baru pada ruangan sekaligus sebagai benda besar yang tidak memakan banyak tempat.

Dinding aksen bata

Tambahkan pembaruan menarik, seperti memasang batu bata di belakang tempat tidur,  sebagai dinding aksen bergaya rustic. Tambahkan lampu gantung di atas meja nakas atau meja samping tempat tidur untuk menambah daya tarik.

Selain menciptakan tekstur menarik, dinding aksen batu bata dapat mengubah suasana ruangan. Sebagai contoh, dinding batu bata dapat mengubah kamar tidur yang tadinya terasa modern menjadi memiliki sentuhan gaya industrial.

Aksen kain

Aksen kain adalah cara memberikan sesuatu menarik tanpa membuat kamar tidur menjadi berlebihan.

Menurut Lucy Small, pendiri State and Season, aksen kain berfungsi sebagai dekorasi dinding yang praktis dan estetis. Kain menjadi aksen bagus untuk bereksperimen dengan warna.

"Saya suka menggunakan aksen atau hiasan dinding dari kayu karena tidak akan kontras dengan apa pun yang sudah ada, tapi menambahkan sedikit sentuhan perdesaan," katanya.

Cara sederhana menambahkan aksen kayu adalah menggantungkan seni dinding dan bingkai kayu.

Dinding galeri

Dinding galeri lebih dari sekadar cara memajang beberapa karya sekaligus. Dinding ini bisa menjadi titik fokus di ruangan, terutama jika dipasang pada dinding dengan warna yang menarik perhatian.

Ruang dinding dekoratif di kamar tidur berfungsi sebagai tempat menarik secara visual bagi mereka yang ingin menjaga sisa ruangan tetap minimalis.

Elemen bertekstur

Selain menambah dimensi, tekstur menciptakan area menarik di kamar tidur. Elemen-elemen, seperti karya seni tiga dimensi, cermin dinding, atau hiasan makrame, adalah cara mudah menambahkan elemen bertekstur pada kamar tidur.

Stacy Lewis mengatakan lukisan atau foto berukuran besar menambah dimensi pada dinding kosong atau ruang kecil.

"Tambahkan semburat warna ke dalam ruangan minimalis dengan karya abstrak yang hidup atau lukisan yang terinspirasi dari alam untuk pesona instan," ucapnya.

Pasang rak

Untuk dekorasi dinding yang berfungsi sebagai cara praktis memajang barang-barang kesayangan, cobalah memasang rak.

Stacy Lewis mengatakan memasang rak apung untuk memajang karya seni, patung kecil, dan pernak-pernik lainnya untuk bermain dengan material, tekstur, juga warna.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/11/211700876/8-ide-dekorasi-dinding-kamar-tidur-bikin-lebih-hidup-dan-cantik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke