Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Hal Ini agar AC Tahan Lama dan Tak Mudah Rusak

Kompas.com - 28/07/2023, 13:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendingin ruangan atau AC adalah investasi yang mahal di rumah, sehingga diharapkan dapat tahan lama. Oleh sebab itu, wajar bila Anda perlu mengetahui cara untuk memastikan AC tahan lama dan tidak mudah rusak.

Dikutip dari Family Handyman, Jumat (28/7/2023), ada beberapa cara merawat AC agar tahan lama dan tidak mudah rusak. Salah satunya adalah membersihkan AC secara rutin.

Selain itu, Anda perlu memperhatikan lokasi pemasangan blower AC. Pilih tempat yang sejuk dan teduh untuk memasang blower AC.

Baca juga: Berapa Suhu AC yang Ideal Saat Cuaca Panas?

Ilustrasi blower AC. SHUTTERSTOCK/KWANGMOOZAA Ilustrasi blower AC.

Memberikan keteduhan dan perlindungan memungkinkan AC bekerja lebih sedikit, memperpanjang masa pakainya. Namun, Anda juga harus memastikan untuk mencegah kotoran atau rumput menutupi blower AC.

Perlu ruang yang cukup untuk bernapas dan menjaga aliran udara lancar. Tanpa aliran udara bebas, AC harus tetap bekerja dua kali lebih keras.

Untuk blower AC yang berada di ruang terbuka, cukup dilakukan pengecekan area di sekitarnya secara berkala. Misalnya, apakah hujan deras baru-baru ini melanda?

Pastikan tidak ada puing-puing yang berhembus ke sekitar atau ke dalam blower AC. Bersihkan penyumbatan apa pun, tetapi pastikan untuk melakukannya hanya saat daya dimatikan dengan aman.

Baca juga: Ingat, Jarang Membersihkan Filter AC Bisa Bikin Tagihan Listrik Naik

Selain itu, jagalah kebersihan AC secara menyeluruh. Ketika debu dan kotoran lengket menumpuk di AC, maka AC harus bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Periksa penumpukan debu secara rutin.

Selanjutnya, pastikan untuk mengganti atau membersihkan filter AC secara teratur. Disarankan untuk mengganti filter AC setiap 30 hingga 60 hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com