Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Menyiram Tanaman dengan Air Cucian Beras?

Kompas.com - 19/07/2023, 18:21 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tukang kebun selalu menemukan cara-cara baru dan kreatif untuk membantu tanaman tumbuh lebih baik, baik di dalam maupun luar ruangan. 

Salah satunya, menyiram tanaman dengan air cucian beras. Ini merupakan salah satu pupuk alami yang paling berguna dan Anda bisa membuatnya dengan mudah di rumah. 

Baca juga: Ternyata, Ini Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman

Seperti diketahui semua tukang kebun, tanaman membutuhkan sinar matahari, tanah, dan air untuk tumbuh subur.

Namun, Aaron Deacon, pendiri dan pemilik Bios Nutrients—jasa pupuk tanaman alami— mengatakan setelah memiliki dasar-dasar perawatan tanaman, akan sangat baik memberikan dorongan pada tanaman sehingga dapat tumbuh subur. 

"Tiga cara melakukannya adalah: pupuk (makronutrien), suplemen (mikronutrien), dan pembenah tanah. Anda dapat membuat ketiga penambah nutrisi tersebut dari bahan-bahan yang mungkin sudah ditambahkan ke keranjang belanja Anda," katanya.   

Meski Anda tidak tahu cara membuat kompos, pupuk buatan sendiri yang terjangkau, seperti air cucian beras sangat mudah dibuat dan alternatif yang praktis untuk pupuk kimia.

Selain itu, menemukan cara-cara kreatif memanfaatkan kembali sampah dapur dapat mengurangi jejak karbon dan membantu Anda menghijaukan rumah. 

Baca juga: Seputar Manfaat dan Cara Menggunakan Air Cucian Beras untuk Tanaman

Apakah air cucian beras baik untuk tanaman?

Ilustrasi air cucian beras.Shutterstock/TShaKopy Ilustrasi air cucian beras.
Beras kaya akan sejumlah nutrisi , termasuk nitrogen, fosfor, kalium, magnesium, seng, zat besi, dan belerang. Namun, ketika membilas atau merebus beras, banyak dari nutrisi tersebut akan terbawa air.

Namun, jika menggunakan kembali air cucian beras untuk tanaman, semua nutrisi tersebut ke kebun dan tanaman hias, mencegah limbah berakhir di tempat sampah, serta membantu tanaman tumbuh lebih baik.

Julie Garner, penulis buku Raised Bed Gardening for Beginners, menjelaskan nutrisi dalam air cucian beras membuatnya menjadi pupuk yang bermanfaat bagi tanaman, baik di dalam maupun luar ruangan.

"Air cucian beras juga membantu melindungi tanaman dari hama tanaman hias dan kebun, memperbaiki struktur tanah dengan mendorong pertumbuhan mikroorganisme yang menguntungkan," imbuhnya disadur dari Reader's Digest, Rabu (19/7/2023).  

Baca juga: Jangan Dibuang, Ini Manfaat Air Cucian Beras untuk Membersihkan Rumah

Kandungan dalam air cucian beras 

Setiap kali  membilas atau merebus beras, Anda menghasilkan air cucican beras. Baik, beras putih maupun merah secara alami dilapisi bubuk halus, yang sebenarnya adalah pati yang dihasilkan tanaman padi selama proses fotosintesis.

Membilas atau memasak beras akan melepaskan sebagian pati ini bersama dengan berbagai nutrisi, yang dapat Anda kumpulkan untuk membuat pupuk cair buatan sendiri.

Meski air cucian beras dapat membantu taman dan tanaman tumbuh subur, bahkan dapat mendorong tanaman berbunga menghasilkan lebih banyak bunga, produk serbaguna ini tidak hanya berguna untuk tanaman.

Air cucian beras juga banyak digunakan untuk produk perawatan kulit dan kosmetik serta sering kali mengandung bahan lain yang tidak akan bermanfaat bagi kebun.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com