Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara agar Rumah Tetap Sejuk Saat Cuaca Panas, Mudah Dilakukan

Kompas.com - 12/07/2023, 12:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat cuaca panas terik dan kelembapan tinggi, tidak semua orang memiliki AC untuk menyejukkan ruangan. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menjaga rumah tetap sejuk selama cuaca panas.

Baik Anda tidak memiliki AC di rumah atau hanya ingin menghemat tagihan listrik, berikut beberapa cara agar rumah tetap sejuk saat cuaca panas, dikutip dari The Spruce, Rabu (12/7/2023).

1. Tutup tirai atau gorden saat siang hari

Jauhkan sinar matahari yang hangat dari rumah di siang hari dengan menutup tirai dan gorden. Alannah Hardcastle, manajer dampak sosial di Random Acts of Green, merekomendasikan penggunaan tirai anti tembus pandang untuk memastikan sinar matahari masuk sesedikit mungkin.

Baca juga: 6 Penyebab Rumah Terasa Lebih Panas Saat Musim Kemarau

Ilustrasi gorden kamar tidur, gorden di kamar tidur. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi gorden kamar tidur, gorden di kamar tidur.

Anda juga dapat menggunakan kaca film reflektif juga untuk memaksimalkan dampak.

2. Buka jendela di malam hari

Malam hari bisa memberi kita istirahat yang sangat dibutuhkan dari cuaca panas, yang berarti Anda harus memastikan bahwa jendela tetap terbuka di malam hari agar udara malam yang sejuk masuk ke rumah.

Selalu pastikan bahwa Anda memasang kasa ngamuk di jendela sehingga Anda tidak membiarkan serangga apa pun masuk bersama dengan udara sejuk.

Setelah Anda bangun di pagi hari, tutup jendela untuk menjebak udara sejuk di dalam dan menahan udara panas di siang hari.

Baca juga: 6 Masalah yang Dihadapi Kebun Saat Cuaca Panas

3. Tempatkan kipas angin secara strategis

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com