Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Penyimpanan Buku Masak di Dapur agar Tampak Menarik

Kompas.com - 12/07/2023, 09:49 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menata buku resep makanan di dapur bisa menjadi tantangan tersendiri. Penting membuatnya tetap teratur dan tidak berantakan di meja dapur.

Salah satu kelebihan buku resep adalah buku tersebut sering kali berbentuk buku tebal dengan gambar yang indah dan warna estetis. Karena itu, buku tersebut dapat menghadirkan tampilan  menarik di dapur. 

Dikutip dari Homes and Gardens, Rabu (12/7/2023), berikut sejumlah ide penyimpanan buku masak di dapur agar tampak menarik.

Baca juga: 5 Trik Memaksimalkan Penyimpanan di Dapur Kecil

Rak di jendela

Ilustrasi dapur dengan countertops.Shutterstock/Artazum Ilustrasi dapur dengan countertops.
Rak dapur merupakan tempat yang umum digunakan untuk menyimpan buku masak agar mudah dijangkau dan tidak mengganggu alur memasak.

Emily Mackie, desainer interior sekaligus pendiri Inspired Interiors, menyarankan membuat tempat penyimpanan sedikit lebih menarik dengan menyimpan buku resep di rak jendela untuk membantu menyinari sampulnya dan membuat fitur dapur menarik.

"Saya akan menyukainya jika Anda memiliki jendela di dapur dan menaruh rak kaca di depannya untuk menyimpan buku masak favorit Anda. Ini juga bisa menjadi tempat bagus memajang barang dan menanam tanaman tanpa menghalangi cahaya. ini seperti versi berbeda dari pelapis jendela," katanya.

Baca juga: 6 Tips Memaksimalkan Ruang Penyimpanan di Dapur dengan Rak Terbuka

Kitchen island

Kitchen island adalah cara bagus menambahkan lebih banyak ruang bekerja di dapur. Anda dapat memanfaatkan kapasitas penyimpanan ekstra pada kitchen island.

"Apakah Anda mengintegrasikan penyimpanan kitchen island berpintu tertutup (mungkin dengan pintu kaca) atau menambahkan rak, menyimpan buku-buku masak di kitchen island akan membuat MMB ya tidak mengganggu dan mudah dijangkau," ucap Samantha Pratt, desainer interior sekaligus pendiri Samantha Ashley Designs.

Baca juga: 6 Pertimbangan Menghadirkan Kursi di Sekitar Kitchen Island

Rak buku

Ilustrasi dapur.Shutterstock/Sheila Say Ilustrasi dapur.
Amélie Saint-Jacques, professional home organizer sekaligus pendiri Amelie Organizes, mengatakan menambahkan satu dua rak buku kecil di dapur akan membuat buku-buku masak tetap berada di tempat yang dibutuhkan tanpa harus menyembunyikannya di lemari, menghabiskan tempat penyimpanan di dapur, atau mengacaukan meja dapur.

"Jika ruang menjadi masalah, pertimbangkan hanya menyimpan yang paling sering digunakan di dapur dan simpan yang lain di tempat lain. Anda bisa menggilirnya sesuai selera." 

Dudukan buku

Artem Kropovinsky, desainer interior sekaligus pendiri Arsight, mengatakan mendekorasi meja dapur harus dilakuakn dengan hati-hati agar tidak berantakan.

Cara mudah melakukannya adalah menggunakan barang-barang dapur yang sering digunakan, seperti buku masak yang sangat disukai di atas dudukan dekoratif. 

Buku yang berdiri di atas meja juga bisa ditempatkan secara strategis untuk membantu menyembunyikan kabel peralatan di atas meja.

"Ini bukan hanya sekedar pajangan, tapi juga membantu menjaga buku tetap terbuka saat Anda memasak dan melindunginya dari noda atau kerusakan. Pilih dudukan yang melengkapi estetika dapur entah itu logam, kayu, atau keramik," katanya.

Baca juga: 7 Cara Menata Koleksi Buku agar Tampak Menarik

Perlakukan sebagai dekorasi

Buku masak menawarkan tampilan unik. Cobalah menempatkannya di sekeliling dapur untuk menambahkan aksen warna dan daya tarik pada ruangan praktis tersebut.

Madison Popper, desainer interior sekaligus pendiri Chill Casa Home, mengatakan Anda bisa berkreasi dengan penempatan buku resep.

"Saya suka menggunakan buku sebagai penyempurna di ujung rak dengan pilihan dekorasi dapur atau barang koleksi yang telah dikurasi, mengikuti aturan tren pengelompokan untuk membuat ruangan terasa hidup tanpa terlihat berantakan atau sempit," katanya.

Ia juga mengatakan membahkan buku-buku masak pada penyimpanan untuk memberikan variasi pada wadah-wadah kaca berisi bahan makanan kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com