Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal yang Harus Dihindari Saat Mendekorasi Dapur Minimalis

Kompas.com - 19/10/2022, 22:37 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu tantangan yang sering dihadapi saat tinggal di rumah dengan luasan terbatas adalah mendekorasinya.

Sebab, kesalahan gaya dekorasi atau penataan dapat membuat rumah terlihat lebih kecil. Karena itu, pemilik harus mempertimbangkan dengan matang gaya desain yang dipilih, salah satunya untuk dapur yang sering digunakan setiap harinya. 

Baca juga: 9 Cara Mendesain Dapur Minimalis Menurut Desainer Interior

Untuk memberikan kesan lebih lapang dan luas di dapur, gaya minimalis bisa menjadi pilihan yang cocok. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dihindari. 

Dilansir dari Apartment Therapy, Rabu (19/10/2022), berikut beberapa hal yang harus dihindari saat mendekorasi dapur minimalis.  

Hindari memiliki piring terlalu banyak

Ilustrasi dapur minimalis, Ilustrasi dapur modern.Shutterstock/ImageFlow Ilustrasi dapur minimalis, Ilustrasi dapur modern.
Hal pertama yang harus dilakukan saat mendekorasi dapur minimalis adalah mempertahankan kerapian ruangan. 

Jika memiliki keluarga besar, hindari menggunakan atau memiliki piring dan alat makan terlalu banyak karena memberikan efek berantakan pada dapur. Selain itu, hindari menumpuk peralatan makan yang sudah lama dan tidak terpakai.  

Baca juga: 6 Ide Dapur Minimalis yang Simpel dan Modern

Jaga penyimpanan dapur agar tetap rapi

Dapur sebaiknya hanya menyimpan barang-barang yang digunakan di ruangan tersebut. Artinya, beberapa piring saji dan barang lainnya harus disimpan di tempat lain agar dapur tetap rapi.  

Jaga dapur tetap rapi

Bagian dari menjaga estetika minimalis adalah melakukan pembersihan secara teratur. Dapur yang berantakan dapat mengundang kekacauan. 

Sebaliknya, dapur yang bersih membuata apa pun yang tidak pada tempatnya akan menonjol sehingga Anda harus tetap menjaga kerapian di dapur. 

Baca juga: 5 Tips untuk Mengubah Dapur Menjadi Tempat Memasak Modern 

Hindari meletakkan barang-barang di atas meja dapur

Ilustrasi dapur minimalis.Shutterstock/ImageFlow Ilustrasi dapur minimalis.
Jangan meletakkan barang-barang di atas meja dapur hanya karena tidak dapat menemukan tempat lain. Jangan biarkan orang lain melakukannya hal ini juga.

Sediakan ruang penyimpan yang cukup di dapur untuk meletakkan barang-barang yang tidak seharusnya berada di meja. 

Bersihkan kulkas seminggu sekali

Memeriksa semua yang ada di kulkas tidak hanya menjaga peralatan tetap bersih, tetapi juga memeriksa kondisi maupun ketersediaan bahan makanan yang disimpan. 

Dengan demikian, bisa menentukan bahan makanan yang masih layak dikonsumsi maupun disimpan. 

Baca juga: 8 Tips Desain Dapur Minimalis Rapi

Buang benda yang tidak terpakai

Buang benda-benda yang tidak lagi digunakan dari dapur. Selain itu, benda-benda seperti sumpit dan tempat makan plastik lainnya dari restoran harus langsung dibuang. Menumpuknya benda-benda itu akan membuat penyimpanan dapur lebih berantakan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com