Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Bahan di Dapur yang Bisa Bikin Tanaman Tumbuh Cepat dan Lebat

Kompas.com - 12/10/2022, 09:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Persyaratan dasar bagi tanaman untuk tumbuh adalah sinar matahari yang cukup dan penyiraman yang tepat. Namun, Anda dapat mengambil langkah ekstra untuk meningkatkan produktivitas tanpa menyebabkan kerusakan dengan bahan yang sudah ada di dapur.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Rabu (12/10/2022), berikut beberapa bahan di dapur yang bisa membuat tanaman tumbuh cepat dan lebat.

1. Limbah buah dan sayuran

Jangan membuang limbah atau sisa buah dan sayuran di tempat sampah lain kali, karena Anda dapat menggunakannya di kebun. Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam kulit sayuran dan buah-buahan.

Baca juga: Jangan Dibuang, 4 Barang Bekas Ini Bisa Jadi Pot Tanaman

Misalnya, kulit pisang kaya akan kalium dan fosfor. Karena itu, Anda dapat menggunakannya untuk tomat, semak mawar, tanaman cabai, dan tanaman bunga lainnya.

Ilustrasi cuka, cuka putih.SHUTTERSTOCK/FOCAL POINT Ilustrasi cuka, cuka putih.

2. Cuka

Cuka memiliki banyak kegunaan di kebun, terutama sebagai herbisida. Selain itu, aman untuk tanaman dan juga murah. Anda dapat menggunakan cuka putih dengan larutan 10 atau 20 persen.

Tambahkan secangkir garam, satu sendok makan air perasan lemon, dan dua sendok makan sabun cuci piring. Aduk rata dan semprotkan pada tanaman.

3. Air berkarbonasi

Karbon dioksida atau CO2 adalah bagian penting dari fotosintesis, karena tanaman tidak dapat menghasilkan gula tanpa adanya karbon dioksida dan matahari. Jadi, memberi tanaman dengan air yang mengandung CO2, membantu tanaman tumbuh lebih cepat dan lebih hijau.

Baca juga: 5 Cara Membuat Sabun Insektisida untuk Membasmi Hama pada Tanaman

Air berkarbonasi mengandung banyak makronutrien seperti oksigen, hidrogen, fosfor, karbon, kalium, dan natrium. Semuanya bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman.

Campurkan satu kaleng soda klub dalam satu kaleng bir, setengah cangkir sabun cuci piring, setengah cangkir obat kumur, dan setengah cangkir amonia rumah tangga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com