Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Pupuk Daun untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya

Kompas.com - 07/10/2022, 09:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam perawatan tanaman, salah satu aspek yang penting adalah pemupukan, termasuk penggunaan pupuk daun. Pupuk daun bukanlah pupuk yang berbahan dari daun ataupun pupuk untuk menumbuhkan daun.

Dikutip dari laman Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Jumat (7/10/2022), pupuk daun adalah pupuk yang berbahan baku organik maupun kimia yang diberikan pada tanaman melalui mulut daun atau stomata, dengan cara disemprotkan.

Pemberian pupuk bertujuan untuk memberikan unsur hara tambahan bagi tanaman selain dari yang diserap oleh akar tanaman.

Baca juga: Pupuk Alami untuk Anggrek, Bisa Merangsang Pertumbuhan Akar dan Tunas

Ilustrasi mengaplikasikan pupuk cair ke tanaman.SHUTTERSTOCK/SIMON KADULA Ilustrasi mengaplikasikan pupuk cair ke tanaman.

Penggunaan pupuk daun harus dilakukan secara hati-hati, baik dosis, frekuensi, jenis tanaman, maupun waktu pemberiannya.

Pengaplikasian pupuk daun sangatlah dianjurkan ketika sedang melakukan budidaya tanaman. Namun, pemberian pupuk daun pada tanaman tidak bisa dilakukan begitu saja atau sembarangan.

Hal ini dikarenakan pengaplikasian pupuk daun yang tidak tepat dapat berdampak buruk bagi tanaman.

Pada dasarnya pupuk daun adalah jenis pupuk buatan (sintetis) yang mengandung semua unsur hara tanaman dan pengaplikasiannya adalah dengan disemprotkan pada permukaan daun.

Baca juga: Gunakan Limbah Sayuran Jadi Pupuk Cair Organik

Unsur-unsur hara yang terkandung di dalam pupuk daun adalah bentuk garam murni dalam ikatan lemah yang mudah terurai menjadi unsur hara tersedia sehingga bisa langsung diserap oleh akar tanaman.

Meski kelihatannya menggunakan pupuk daun sangat mudah ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar manfaat-manfaat pupuk daun dapat dicapai, antara lain sebagai berikut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com