Kompas.com - 06/12/2021, 11:36 WIB
Ilustrasi dapur sempit, dapur kecil. SHUTTERSTOCK/RICHMAN21Ilustrasi dapur sempit, dapur kecil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari menjaga panci dan wajan ditumpuk dengan rapi hingga mengakses bahan pokok dapur dalam sekejap, menjaga dapur kecil tetap teratur bukanlah hal yang mudah.

Terlebih ketika dapur yang menjadi tempat paling sibuk di dalam rumah digunakan untuk kegiatan memasak sehari-hari menjadikannya lebih sulit untuk dijaga kerapiannya.

Melansir dari Martha Stewart, Senin (6/12/2021), meletakkan di rak paling bawah yang mudah dijangkau dan letakkan peralatan masak dan peralatan makan yang jarang digunakan, seperti panci pemanggang atau peralatan pembuat kue khusus di rak yang lebih tinggi atau di bagian belakang lemari yang dalam akan memberikan tampilan yang lebih rapi di dapur kecil.

 

Baca juga: 5 Inspirasi Desain Dapur yang Indah dan Estetik

 

Ilustrasi dapur dengan nuansa warna hijau. SHUTTERSTOCK/NMC2S Ilustrasi dapur dengan nuansa warna hijau.

Baik Anda tinggal di apartemen kecil atau hanya merasa kekurangan ruang, tips cerdas ini akan membuat dapur kecil lebih teratur. 

1. Buat bahan mudah diakses

Taruh bahan-bahan dasar seperti garam, merica segar, minyak zaitun, dan cuka di meja Anda sehingga mudah dijangkau daripada disimpan di lemari. 

Akan tetapi, jangan khawatir akan membuat berantakan, jaga agar meja Anda tetap bersih dari merica dan tumpahan minyak yang tumpah dengan mengumpulkan barang-barang penting ini di atas nampan marmer.

Untuk bumbu dan bumbu, jika Anda tidak memiliki rak bumbu bawaan di laci atau lemari, opsi rak tiga tingkat akan memudahkan Anda menemukan semuanya, mulai dari ekstrak vanila, oregano, hingga cabai merah bubuk. 

Baca juga: 5 Tren Dapur yang Diprediksi Bakal Hits pada 2022

2. Gunakan rak dapur

Simpan panci, tutup, talenan, dan loyang dengan rak pengorganisasian, seperti rak kayu yang ramah lingkungan  atau rak peralatan masak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.