Kompas.com - 05/12/2021, 21:38 WIB
Bawang putih bisa ditanam di pekarangan untuk mengusir tikus Unsplash/Yeh XintongBawang putih bisa ditanam di pekarangan untuk mengusir tikus

JAKARTA, KOMPAS.com - Bawang putih adalah salah satu tanaman herbal termudah yang bisa ditanam di rumah. Di sebagian besar wilayah negara di Amerika Serikat, bawang putih ditanam pada musim gugur. 

Pada saat itu, banyak tanaman musim panas telah dipanen, menyisakan beberapa ruang di kebun. Untuk di Indonesia, bawang putih sebaiknya ditanam pada akhir musim hujan atau awal musim kemarau. 

Baca juga: 4 Manfaat Bawang Putih untuk Tanaman dan Cara Mengaplikasikannya

Namun, saat menanam bawang putih, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jika menanam kembali bawang putih dari stok yang ada di kebun Anda sendiri, pilihlah bawang putih terbesar dan terbaik dari panen musim panas.

Namun, bila membeli, carilah bawang putih yang dijual khusus untuk ditanam. Bawang putih dari bagian produk di supermarket mungkin telah diobati dengan penghambat kecambah untuk mencegahnya tumbuh. 

Melansir dari Gardeners, Minggu (5/12/2021), berikut beberapa jenis bawang putih yang bisa ditanam di rumah dan langkah menanamnya. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menanam Bawang Putih Indoor 

Bawang putih hardneck

Ilustrasi bawang putih. PIXABAY/MATTHIAS BOECKEL Ilustrasi bawang putih.
Varietas bawang putih leher keras atau hardneck menghasilkan batang kaku yang tumbuh di tengah umbi.

Dibanding varietas bawang putih lainnya, bawang putih hardneck cenderung memiliki rasa lebih tajam dengan variasi rasa yang lebih banyak antarvarietas.

Bawang putih ini juga lebih keras sehingga menjadikannya pilihan yang baik untuk daerah dengan musim dingin yang sangat dingin. Setelah dipanen, umbi memiliki umur simpan yang lebih pendek daripada varietas softneck. 

Baca juga: Cara Menyimpan Bawang Putih di Dapur agar Tak Busuk

Bawang putih softneck

Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih mungkin dapat menjadi alternatif praktis dan murah ketika kita punya masalah jerawat yang mengganggu.PIXABAY/ANRITA1705 Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih mungkin dapat menjadi alternatif praktis dan murah ketika kita punya masalah jerawat yang mengganggu.
Varietas bawang putih leher lunak atau softneck tidak menghasilkan batang tengah yang kaku. Ini daftar jenis bawang putih yang akan ditemukan di sebagian besar supermarket.

Bawang putih softneck memiliki rasa relatif ringan. Bawang putih ini adalah pilihan terbaik untuk daerah dengan musim dingin yang sejuk dan ini adalah jenis yang tumbuh jika ingin membuat kepang bawang putih.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Gardeners
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.