Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kesalahan Menyiram Tanaman Saat Cuaca Panas yang Harus Dihindari

Kompas.com - 29/06/2023, 15:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyiram tanaman adalah tugas yang sangat penting guna menjaga tanaman tetap hidup dan sehat. Semua tanaman membutuhkan air untuk bertahan hidup dan kita tidak dapat selalu mengandalkan cuaca untuk menyediakan air yang dibutuhkan tanaman.

Menyiram tanaman saat cuaca panas bisa jadi sulit dan melelahkan. Memilih waktu untuk menyiram tanaman setiap hari dan memberinya jumlah air yang tepat adalah dua pilihan utama yang dapat membuat perbedaan antara tanaman sehat dan tanaman layu.

Dikutip dari Homes & Gardens, Kamis (29/6/2023), berikut beberapa kesalahan menyiram tanaman saat cuaca panas yang harus dihindari.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Menyiram Tanaman Sayuran? Ini Penjelasannya

Ilustrasi menyiram tanaman. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi menyiram tanaman.

1. Menyiram tanaman di tengah hari

Jika Anda menyiram di tengah hari saat paparan sinar matahari mencapai puncaknya, itu tidak memberikan manfaat bagi Anda atau tanaman. Hal ini tidak baik untuk tanaman dan bahkan berpotensi melukai mereka.

Sean Lade, pakar irigasi dan direktur Easy Garden Irrigation, menekankan bahwa Anda perlu menghindari penyiraman di siang hari yang panas.

Penyiraman pada tengah hari saat matahari berada di puncaknya dapat menyebabkan penguapan yang cepat, mengurangi jumlah air yang mencapai akar, tutur Lade.

Selain itu, tetesan air pada daun dapat berfungsi sebagai kaca pembesar kecil, yang dapat menyebabkan daun hangus, imbuh dia.

Baca juga: Ternyata, Ini Dampak Menyiram Tanaman di Malam Hari

Untuk menghindari daun hangus, selalu sirami pangkal tanaman. Arahkan gembor, penyiram, atau selang di bagian bawah tanaman daripada menyiram dedaunan.

Menyiram daun tidak hanya dapat menyebabkan daun hangus, tetapi juga dapat membuat tanaman lebih rentan terhadap penyakit jamur.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com