Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Sering Harus Menyiram Tanaman Sayuran? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 27/06/2023, 12:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam sayuran di rumah adalah pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat. Menyiram adalah bagian tidak terpisahkan dalam proses menaman sayuran, namun masih banyak yang bertanya-tanya seberapa sering harus menyiram tanaman sayuran.

Menilai kapan harus menyiram tanaman sayuran bisa jadi rumit. Keteraturan penyiraman memang sangat bervariasi dan dapat berkisar dari tidak sama sekali, setiap beberapa minggu, hingga setiap hari.

Akan tetapi, dikutip dari Homes & Gardens, Selasa (27/6/2023), ada metode untuk membantu Anda menilai seberapa sering harus menyiram tanaman sayuran.

Baca juga: Ternyata, Ini Dampak Menyiram Tanaman di Malam Hari

Ilustrasi menyiram tanaman sayuran. SHUTTERSTOCK/LARISA RUDENKO Ilustrasi menyiram tanaman sayuran.

Dengan melacak cuaca, mengolah tanah untuk menahan lebih banyak kelembapan, menyiram dalam-dalam, dan secara teratur memeriksa tingkat kelembapan di tanah, Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat tentang seberapa sering Anda harus menyiram tanaman sayuran.

Berikut penjelasan mengenai seberapa sering harus menyiram tanaman sayuran dan panduannya.

Seberapa sering harus menyiram tanaman sayuran?

Waktu yang tepat untuk menyiram tanaman sayuran sebagian besar akan bergantung pada kondisi cuaca, tetapi juga pada tingkat tertentu oleh jenis tanah. Suhu dan tingkat curah hujan alami akan menjadi faktor luar utama yang menentukan seberapa sering tanaman perlu disiram.

Jenis tanah merupakan faktor karena tanah yang lebih berpasir akan mengering lebih cepat daripada jenis tanah lainnya dan membutuhkan penyiraman yang lebih teratur.

Baca juga: Bolehkah Menyiram Tanaman dengan Susu? Ini Pro dan Kontranya

Hal ini dapat diatasi dengan menambahkan bahan organik atau kompos, baik dengan memasukkannya ke dalam tanah atau di atasnya sebagai mulsa, yang akan meningkatkan kemampuan tanah menahan kelembapan dan membuatnya tersedia untuk akar lebih lama.

Diperkirakan bahwa sebagian besar sayuran membutuhkan satu atau dua inci air setiap minggu. Selama musim hujan, ini berarti Anda tidak perlu menyiram sama sekali, sedangkan pada hari-hari saat cuaca panas, Anda mungkin perlu setiap hari atau dua kali menyiram tanaman saat cuaca panas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com