Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membeli Sofa

Kompas.com - 05/07/2023, 11:31 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa merupakan furnitur penting di ruang keluarga dan ruang tamu. Sofa menjadi tempat untuk duduk, beristirahat, mengobrol bersama kelurga atau teman, menonton TV, maupun sekadar bersantai.

Untuk itu,perlu memilih sofa yang tepat untuk keluarga. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memudahkan menemukan sofa yang tepat. 

Dikutip dari Lounge Lovers, Rabu (5/7/2023), berikut sejumlah kesalahan yang harus dihindari saat membeli sofa.

Baca juga: 6 Tips Memilih Sofa Baru agar Tidak Salah Beli

Membeli hanya berdasarkan penampilan

Ilustrasi sofa di ruang keluarga.Shutterstock/New Africa Ilustrasi sofa di ruang keluarga.
Sofa tentu harus terlihat bagus, tapi penting pula mempertimbangkan seberapa praktisnya sofa tersebut dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Jika rumah memiliki anak kecil, sofa dengan perawatan mudah merupakan pilihan tepat. Begitu pun jika memiliki hewan peliharan, pilh bahan sofa yang lebih ramah. Hindari kain tenun karena cakar hewan peliharaan dapat tersangkut di kain tersebut.

Jika ingin meminimalkan kerepotan, pilih sofa dengan kain pelapis yang dapat dilepas agar bisa mengganti atau mencucinya saat ada noda membandel.

Baca juga: 6 Tips Meletakkan Sofa di Ruang Tamu Kecil

Lupa mengukur ruang sebelum membeli

Sofa menjadi furnitur terbesar di ruang keluarga dan tamu Karena itu, penting memastikan ukuran sofa agar sesuai dengan ruangan sebelum membeli, yakni tidak kekecilan dan terlalu besar. 

Cari tahu dimensi sofa yang dipilh, lalu ukur area yang Anda rencanakan untuk meletakkannya guna memastikan sofa tersebut muat di ruangan. Berikan jarak cukup untuk memudahkan berjalan di sekitarnya.

Baca juga: 5 Lokasi Meletakkan Sofa di Kamar Tidur, Haruskah Memilikinya?

Tidak memeriksa garansi

Ilustrasi sofa hitam.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi sofa hitam.
Setelah membeli sofa, Anda tentu berharap semuanya berjalan lancar. Namun, mungkin saja akan terdapat masalah yang tidak terduga, seperti kerusakan bahan.

Maka itu, penting memastikan Anda memahami garansi sofa. Periksa garansi rangka dan komponen lain karena ini bisa berbeda.

Misalnya, ada sofa bergaransi lima tahun untuk rangka dan 12 bulan untuk kompenen lainnya, termasik kain dan isian.

Baca juga: 5 Keuntungan Meletakkan Sofa di Ruang Kerja, Bikin Produktif

Tidak memberi perlindungan

Berinvestasi pada perlengkapan perlindungan furnitur akan membantu menjaga sofa tetap terlihat dalam kondisi terbaiknya selama bertahun-tahun. 

Belilah perlengkapan yang tepat untuk sofa, baik berbahan kulit, kain, maupun sofa untuk luar ruangan dan ikuti petunjuk pemakaiannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com