Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Merawat Tanaman Hias di Pot Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 22/06/2023, 12:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Terlalu banyak sinar matahari dapat berdampak buruk pada tanaman hias di pot. Tanaman hias di pot cenderung menjadi lebih panas dan lebih cepat kering daripada yang ditanam di tanah yang dingin.

Dikutip dari Homes & Gardens, Kamis (22/6/2023), hasilnya bisa berupa daun terbakar, layu, dan bahkan tanaman mati jika akarnya terlalu kering.

Namun, jangan biarkan cuaca panas menghalangi Anda menanam tanaman hias di pot. Dengan melindungi tanaman dari cuaca panas, Anda dapat menikmati tanaman hias di pot yang berkembang pesat yang mempercantik teras rumah atau halaman rumah.

Baca juga: 6 Kesalahan Merawat Tanaman Hias yang Harus Dihindari, Apa Saja?

 

Ilustrasi tanaman hias Baby tears (Soleirolia soleirolii). SHUTTERSTOCK/AMORNIE Ilustrasi tanaman hias Baby tears (Soleirolia soleirolii).

Berikut beberapa tips merawat tanaman hias di pot saat cuaca panas.

1. Pilih tanaman yang tahan panas dan kekeringan

Langkah pertama saat membuat tampilan tanaman hias di pot yang tahan panas adalah memilih tanaman yang cocok.

Sementara beberapa tanaman akan cepat layu, atau hangus saat terkena suhu yang melonjak, ada berbagai tanaman yang toleran panas dan kekeringan.

Misalnya, banyak tanaman berdaun perak yang berasal dari iklim yang lebih panas juga tahan kekeringan, seperti lavender dan Santolina chamaecyparissus.

Baca juga: 4 Cara Mendekorasi Kamar Tidur dengan Tanaman Hias

Tanaman sukulen juga bisa menjadi tanaman hias di pot tahan kekeringan. Jika Anda ingin menampilkan bunga cantik yang tahan panas, osteospermum hingga bunga matahari bisa menjadi pilihan.

2. Perhatikan pot tanaman

Pilih pot tanaman yang terbuat dari bahan yang menawarkan insulasi, seperti keramik atau plastik tebal, saran Tony O'Neill, pakar berkebun di SimplifyGardening.com.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com