BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan SHARP

Merancang Dapur Mewah dengan Kesempurnaan Visual

Kompas.com - 13/06/2023, 12:47 WIB
Hotria Mariana,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.comDapur di era modern tidak hanya berfungsi sebagai tempat memasak, tapi juga cerminan kepribadian, selera, dan gaya hidup sang pemilik rumah. Bahkan, menjadi focal point di samping ruang tamu. Tak heran jika banyak orang menginginkan kemewahan dalam area tersebut.

Memiliki dapur mewah pun akan menambah nilai hunian jika hendak dijual secara full furnished.

Untuk diketahui, interior dapur mewah umumnya dirancang dengan memadukan keanggunan desain dan fungsionalitas. Perpaduan ini menciptakan kesempurnaan visual bagi siapa saja yang memandangnya.

Baca juga: 6 Ide Menggunakan Karpet Dapur untuk Ruang Memasak yang Nyaman

Bagi Anda yang tertarik memiliki dapur mewah, Kompas.com merangkumkan tujuh hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai pekerjaan renovasi. Ini mengingat, pengerjaannya membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan uang.

1. Perencanaan tata letak

Dapur mewah terkenal dengan kelapangan dan tata letaknya yang efisien agar multifungsi. Dilansir dari Homes & Gardens, Kamis (27/11/2022), terdapat enam jenis tata letak dapur. Keenamnya adalah galley layout, L-shaped layout, U-shaped layout, island layout, peninsula layout, dan one-wall kitchen.

Untuk memudahkan Anda dalam menentukan jenis layout dapur, desainer dapur di Harvey Jones Sally Hinks menyarankan tiga hal.

“Hal pertama yang harus dipikirkan adalah bagaimana Anda menggunakan dapur tersebut? Apakah hanya untuk memasak? Atau digunakan untuk aktivitas lain? Sebab, ini akan menentukan perabotan yang perlu disertakan,” kata Hinks.

Selain itu, pastikan juga tata letak yang dipilih mampu memberikan kepraktisan dalam bergerak.

2. Pemilihan desain

Keselarasan estetika desain interior sangat penting dalam dapur mewah. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mempertimbangkan menggunakan jasa desainer interior.

Tak hanya itu, bekerja dengan seorang profesional di bidangnya juga akan menghindarkan Anda dari risiko kesalahan yang bisa saja terjadi ketika menentukan konsep desain dapur mewah sendirian.

Ide desain dapur mewah umumnya terdiri atas skema klasik dan kontemporer. Namun, khusus 2023, tren dapur akan lebih berfokus pada interior yang terang dan bercahaya berkat penggunaan jendela-jendela besar, seperti dilansir dari Decorilla, Sabtu (29/4/2023).

Jadi, apa pun desain yang dipilih dan bagaimanapun tampilan akhirnya, dapur akan dipenuhi sinar matahari.

Selain itu, tren dapur tahun ini juga didominasi oleh penggunaan multimaterial dalam satu ruangan. Contohnya, menggabungkan elemen kayu, batu, dan keramik. Cara ini dinilai memberikan hasil akhir yang ciamik secara visual dan tekstur.

Dapur mewah selalu memperhatikan keharmonisan warna di semua elemennya, mulai dari dinding, langit-langit, hingga perabotan.Dok. SHARP Dapur mewah selalu memperhatikan keharmonisan warna di semua elemennya, mulai dari dinding, langit-langit, hingga perabotan.

3. Palet warna harmonis

Dapur mewah selalu memperhatikan keharmonisan warna di semua elemennya, mulai dari dinding, langit-langit, hingga perabotan. Tema yang dipilih pun biasanya monokromatik.

Agar dapur terlihat elegan dan modern, aplikasikanlah warna-warna netral, seperti putih, hitam, krem, atau abu-abu. Pertimbangkan juga aksen-aksen metalik, seperti emas, kuningan, atau perak, agar kesan mahal dapur Anda kian terpancar.

Jika menginginkan keteduhan di dapur, warna-warna pastel nan lembut bisa jadi pertimbangan.

4. Penggunaan material berkualitas

Dapur mewah juga identik dengan penggunaan material premium untuk menambah elegansi. Contohnya, marmer dan granit untuk countertop meja kitchen island atau backsplash.

Memasukkan flint, kuarsit, atau batu pasir sebagai dekorasi dinding juga bisa memberikan kesan serupa. Sementara untuk lantai, Anda bisa memilih porselen.

Khusus marmer, sebaiknya pilih yang bermotif unik agar estetika dapur kian bertambah.

Perhatikan juga material untuk lemari, kabinet, dan laci. Ada baiknya pilih furnitur berbahan kayu murni karena cocok dipadukan dengan batuan alam.

Dilansir dari Forbes, Sabtu (22/11/2022), desainer interior a1000xBetter Kirsten Blazek mengatakan bahwa kayu-kayu berwarna gelap kembali populer. Aksen ini tidak akan lekang oleh waktu sehingga akan memberikan hasil akhir yang fantastis pada interior dapur.

5. Pasang pencahayaan mendukung

Perhatikan pula faktor pencahayaan. Selain menambah keanggunan interior, elemen tersebut juga membantu Anda saat beraktivitas di dapur.

Untuk mempercantik dapur, Anda bisa mempertimbangkan memasang chandelier atau lampu gantung di atas meja kitchen island.

Selain itu, tempatkan juga lampu-lampu LED dekoratif dengan lis logam di bawah kabinet yang menyorot ke arah wastafel dan area Anda memasak.

Pastikan pula dapur memiliki pencahayaan alami yang memadai. Namun, pemilihan model jendela harus sesuai dengan konsep desain dapur agar terlihat selaras.

6. Sisipkan solusi penyimpanan efektif

Selain estetika, dapur mewah juga mengedepankan kerapian. Karena itu, sisipkan kompartemen khusus sebagai solusi penyimpanan sehingga dapur sedap dipandang mata.

Contohnya, rak gantung vertikal untuk menempatkan baki dan talenan, rak tarik untuk bumbu-bumbu kering, serta laci untuk panci, wajan, pisau, dan peralatan memasak lainnya.

Agar lebih praktis dan efisien, buatlah satu unit walk-in pantry untuk menyimpan seluruh keperluan tersebut. Anda pun bisa menyimpan stok makanan kering di sini.

Bila Anda penggemar wine, pertimbangkan untuk membuatkan konter khusus untuk menyimpannya. Ada baiknya Anda juga memiliki sepen atau pantry khusus minuman lain di dapur.

7. Pakai perabotan high-end berteknologi canggih

Tak ada dapur mewah tanpa dilengkapi peralatan kelas atas. Contohnya, mesin cuci piring ganda, kompor dan oven setara restoran Michelin Star, serta lemari pendingin yang kerap jadi pusat perhatian.

Khusus lemari es, pilihlah yang bisa berpadu mulus dengan tema desain dapur secara keseluruhan. Pastikan juga perangkat tersebut memiliki eksterior modern, ruang penyimpanan luas, dan fitur-fitur canggih agar kemewahan dapur Anda semakin paripurna.

Tampilan Sharp New Queen Series Premium kian stylish dan modern berkat teknologi-teknologi premium yang tertanam pada pintu kulkas tersebut. Dok. SHARP Tampilan Sharp New Queen Series Premium kian stylish dan modern berkat teknologi-teknologi premium yang tertanam pada pintu kulkas tersebut.

Salah satu lemari es yang bisa jadi pertimbangan adalah Sharp New Queen Series Premium. Lemari es 5 pintu dengan tipe side-by-side ini hadir dengan spesifikasi mentereng di kelasnya.

Dari segi eksterior, Sharp New Queen Series Premium tampil elegan dengan pintu berbahan kaca dan tiga pilihan warna menawan, yaitu Silver Metal Door (SJ-IFX93PM-SL), Champagne Gold Glass Door (SJ-IFX94PG-CG), dan Black Glass Door (SJ-IFX96PDG-BK).

Tampilannya kian stylish dan modern berkat teknologi-teknologi premium yang tertanam pada pintu kulkas tersebut. Sebut saja panel LED Touch Control untuk mengatur kerja lemari es hanya lewat sentuhan jari.

Kemudian, J-Tech Inverter x Quattro Smart Fans Hybrid Cooling System, Hidden Dispenser (khusus model SJ-IFX96PDG-BK), dan Automatic Ice Making.

Adapun teknologi J-TECH Inverter x Quattro Smart Fans merupakan teknologi pendinginan yang bekerja sembilan kali lebih cepat ketimbang inverter biasa, tapi tetap hemat listrik dan tidak bising.

Beralih ke interior, lemari es itu dilengkapi Frex Rom, yakni laci penyimpanan dengan empat mode pendinginan berbeda.

Pertama, Express Cool yang mampu mendinginkan makanan dan minuman secara cepat. Kedua, Extra Cool untuk mendinginkan makanan dan minuman sedingin es.

Ketiga, Cool Down yang cocok digunakan untuk mendinginkan makanan hangat. Terakhir, Defrost untuk mencairkan makanan beku, seperti daging dan ikan dengan lebih cepat.

Selain itu, Sharp New Queen model SJ-IFX96PDG-BK juga memiliki rak dengan fitur 9-Way Flexible Shelf. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan rak di dalam perangkat dapat diatur sesuai kebutuhan penyimpanan. Terdapat sembilan bentuk pengaturan yang bisa pengguna pilih.

Sharp New Queen Series Premium dapat menampung hingga 780 liter. Dengan demikian, berbagai bahan makanan bisa tersimpan di dalamnya.Dok. SHARP Sharp New Queen Series Premium dapat menampung hingga 780 liter. Dengan demikian, berbagai bahan makanan bisa tersimpan di dalamnya.

Dari segi kapasitas, Sharp New Queen Series Premium dapat menampung hingga 780 liter. Dengan demikian, berbagai bahan makanan bisa tersimpan di dalamnya.

Kulkas tersebut juga memiliki teknologi Plasmacluster Ion System yang mampu membunuh kuman, bakteri, serta virus secara aktif. Dengan begitu, bahan makanan dapat awet tersimpan di kulkas tersebut.

Adapun teknologi itu bekerja dengan menyebar ion positif dan negatif pada udara sehingga mempengaruhi membran sel bakteri dan virus.

Jika membran terganggu, perkembangbiakan patogen merugikan tersebut dapat dihentikan. Bahan makanan yang disimpan pun akan lebih sehat dan jadi lebih tahan lama. Apalagi, Sharp New Queen Series Premium juga punya teknologi HYBRID Cooling System.

Adapun teknologi tersebut mampu menghantarkan udara dingin ke seluruh kompartemen lemari es guna mencegah fluktuasi suhu dan menjaga kelembapan.

Itulah tujuh hal yang mesti dipersiapkan dalam merancang dapur mewah yang sempurna secara visual dan fungsi.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Sharp New Queen Series Premium, silakan kunjungi tautan ini.

Baca tentang

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com