Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dulux Dorong Penerapan Desain Gedung Berkelanjutan

Kompas.com - 03/05/2023, 16:56 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia)— produsen cat Dulux Professional—terus mendukung penerapan desain berkelanjutan dalam pembangunan atau renovasi properti residensial, properti komersial, dan fasilitas umum di Indonesia melalui Dulux Professional talk show.

Talk show ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan mengedukasi para profesional, seperti arsitek dan desainer interior, mengenai pentingnya desain berkelanjutan serta menciptakan bangunan ramah lingkungan. 

Baca juga: Dulux Terus Mentransformasi Kehidupan Melalui Warna dan Progam Let’s Colour

Para ahli juga mengatakan gedung yang menerapkan desain berkelanjutan dapat menghemat energi 40 persen lebih banyak dibanding properti tradisional, meningkatkan efisiensi energi, dan mengurangi emisi CO2.

Selain itu, material rendah karbon pada bangunan ramah lingkungan ini telah terbukti dapat mengurangi emisi bangunan hingga 30 persen. 

Bentuk dukungan AkzoNobel paling menonjol adalah penyediaan Dulux Professional, yang merupakan berbagai solusi cat dan pelapis dengan teknologi yang dapat menghemat energi serta menghadirkan efisiensi penggunaan bahan baku untuk kebutuhan proyek-proyek residensial dan komersial.

Misalnya, Dulux Professional Weathershield Express dapat meningkatkan produktivitas hingga 30 persen dengan konsep one less coat faster completion time. 

Baca juga: Dulux Perkenalkan Wild Wonder Sebagai Tren Warna 2023

Ilustrasi cat dinding.Shutterstock/Efetova Anna Ilustrasi cat dinding.
AkzoNobel adalah pelopor di Indonesia yang menerapkan konsep ini untuk cat eksterior dengan tujuan menghemat penggunaan bahan baku guna mendukung keberlanjutan.

ICE BSD dan Ciputra World adalah beberapa contoh bangunan ramah lingkungan yang telah menggunakan produk Dulux Professional.

Yudhy Aryanto, Country Commercial Head PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), mengatakan pada sektor properti, desain berkelanjutan semakin penting.

Perlu mencari cara memperpanjang masa pakai produk dan menghindari penipisan sumber daya alam. Hal ini dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan serta meningkatkan kesehatan dan kenyamanan penghuni bangunan sehingga meningkatkan kinerja bangunan. 

Baca juga: Dulux Raih Double Platinum Indonesia Best Brand Award 2022

"Di AkzoNobel, kami berkomitmen berperan dalam pengembangan berkelanjutan industri cat dan pelapis melalui pendekatan People, Planet, dan Paint yang berkelanjutan," kata Yudhy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (3/5/2023). 

Melalui pendekatan ini, dapat memastikan lingkungan kerja yang aman dan beragam untuk mengembangkan sumber daya manusia, mengurangi dampak terhadap lingkungan, dan menghadirkan produk yang lebih berkelanjutan dan sehat.

Yudhy menambahkan, AkzoNobel terus bekerja sama dengan mitra dan pemangku kepentingan terkait untuk mendukung pembangunan berkelanjutan demi masa depan yang lebih baik. 

Aspek keberlanjutan juga mendapat perhatian serius dari pemangku kepentingan terkait, seperti Ikatan Arsitek Indonesia dan Himpunan Interior Designer Indonesia. 

Baca juga: Dulux Luncurkan Colour of The Year 2022, Cat Berwarna Segar dan Tenang

Kedua organisasi ini senantiasa menyuarakan pentingnya aspek keberlanjutan dalam desain bangunan. Edukasi mengenai pemilihan material yang berkelanjutan baik kepada sesama rekan arsitek, interior desainer, maupun pelanggan industri dan bisnis juga dilakukan secara konsisten.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com