Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Ganggu, Ini 3 Warna Cat yang Harus Dihindari di Kamar Tidur

Kompas.com - 17/04/2023, 16:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meningkatkan suasana nyaman dan tenang di kamar tidur dapat dilakukan dengan mudah melalui pemilihan warna cat

Bahkan warna cat yang tepat dapat menunjang tidur, bahkan menjadi berkualitas. Namun, tidak semua warna cat cocok untuk kamar tidur.   

Baca juga: 6 Ide Menciptakan Ruang Belajar di Kamar Tidur Anak

Kamar tidur sebaiknya menggunakan warna-warna yang menciptakan rasa damai, tenang, dan rileks. 

Kate Duffy dari Duffy Scott Interiors di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, mengatakan warna-warna yang bagus untuk kamar tidur adalah yang tidak terlalu mencolok.

Anda bisa memilih warna terang atau gelap, tapi apa pun warnanya, warna tersebut harus memiliki rona hangat serta tingkat kelembutan yang membantu menjaga ketenangan ruangan. 

Sebenarnya, kamar tidur menjadi ruang untuk menghabiskan banyak waktu—hampir seperempat hari Anda. Jadi, daripada mengikut-ikuti tren, lebih baik memilih warna yang Anda sukai.

Namun, para desainer setuju bahwa ada beberapa varian warna tertentu yang harus dihindari karena dianggap dapat mengganggu tidur.  

Dilansir dari Southern Living, Senin (17/4/2023), berikut sejumlah warna cat yang harus dihindari di kamar tidur

Baca juga: Simak, Tips Memilih Cat Dinding yang Tahan Lama untuk Kamar Tidur Anak

Abu-abu atau putih dengan rona warna dingin

Ilustrasi kamar tidur.Unsplash/housemethod Ilustrasi kamar tidur.
Meski Duffy menyarankan menjauhi warna abu-abu atau putih dengan rona dingin karena dapat membuatnya tampak lebih biru atau "cream kotor". 

"Warna-warna ini cenderung terlihat menyedihkan, terutama pada musim dingin atau hari hujan," Duffy memperingatkan.

Sebagai gantinya, ia menyarankan memilih warna abu-abu lembut dengan warna dasar yang hangat dan memasangkannya dengan wallpaper aksen untuk membawa sedikit kegembiraan halus ke dalam ruangan. 

Baca juga: 6 Tips Mendekorasi Meja Nakas Kamar Tidur

Hijau cerah, pink, dan kuning

Warna cerah yang dilakukan dengan benar adalah hal ajaib. Pikirkan warna chartreuse, warna pink cerah, bahkan kuning kenari.  Namun, ketiga warna berani tersebut menjadi warna cat yang harus dihindari di  kamar tidur.

 

"Sebaiknya hindari warna hijau, pink, dan kuning cerah karena warnanya akan semakin terang dengan sinar matahari dan cahaya buatan sehingga tidak mendukung kualitas tidur yang baik," ujar Laura Pankonien dari The Pankonien Group di Austin, Texas, AS. 

Baca juga: Feng Shui Larang Pintu Kamar Mandi Menghadap Kamar Tidur dan Dapur, Kenapa?

 

Merah

Ilustrasi kamar tidur dengan warna cat dinding merah.SHUTTERSTOCK/ROMAKOMA Ilustrasi kamar tidur dengan warna cat dinding merah.
Warna merah tua mungkin akan kembali menjadi mode, tapi apakah warna ini memiliki tempat di kamar tidur?

Mary Patton dari Mary Patton Design mengatakan merah adalah warna cat yang harus dihindari di kamar tidur. Merah sering kali memiliki konotasi keras dan hidup, dua hal yang biasanya tidak kita cari saat menciptakan sebuah kamar tidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com