Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Memilih Kipas Angin Gantung yang Sesuai untuk Ruangan

Kompas.com - 26/04/2023, 16:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Houzz

JAKARTA, KOMPAS.com - Kipas angin gantung atau kipas angin langit-langit adalah investasi yang bagus untuk rumah Anda. Kipas angin gantung menciptakan kesejukan saat cuaca panas.

Dikutip dari Houzz, Rabu (26/4/2023), preferensi pribadi memainkan peran besar saat membeli kipas angin gantung atau kipas angin langit-langit, dan selalu bermanfaat untuk mendiskusikan kebutuhan Anda dengan profesional.

Untuk membantu Anda, berikut cara memilih kipas angin gantung, termasuk menentukan ukuran kipas angin gantung yang tepat dan jarak yang optimal dari langit-langit.

Baca juga: Cara Membersihkan Debu di Kipas Angin Tanpa Perlu Dibongkar

Ilustrasi kipas angin gantung di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/PHOTOMAVENSTOCK Ilustrasi kipas angin gantung di dalam ruangan.

1. Ukuran kipas angin gantung

Pilih ukuran kipas angin gantung yang tepat untuk ruangan. Jika kipas angin gantung terlalu kecil untuk ruangan, maka tidak akan memindahkan udara secara efisien dan efektif.

Adapun jika kipas angin gantung terlalu besar, maka bisa menimbulkan perasaan seperti berada di terowongan angin.

Pengukuran kipas angin gantung berasal dari rentang bilahnya, yang merupakan diameter lingkaran yang dibuat oleh bilah pemintalannya.

Untuk kipas angin langit-langit dengan jumlah bilah genap, ukur diameter kipas untuk menentukan rentangnya. Untuk kipas angin langit-langit dengan jumlah bilah ganjil, ukur dari bagian tengah kipas hingga ujung bilah, dan kalikan dengan dua.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Kipas Angin Plafon

Penting untuk diingat bahwa panduan ukuran ini adalah saran.

Preferensi estetika dan pemilik rumah memainkan peran besar dalam menggunakan pedoman ini, kata Allyson Mokhtarei, pemilik Alcott & Bentley.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com