Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2023, 17:35 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutra menjadi salah satu material seprai yang populer di pasaran dan banyak digunakan.  

Seprai sutra dikenal memiliki kualitas dan daya tahan sangat bagus. Selain itu, menggunakan  seprai sutra juga memberi sejumlah keuntungan, di antaranya teksturnya lembut, baik untuk kulit dan rambut, serta dapat melawan tungau.  

Baca juga: 5 Keuntungan Menggunakan Seprai Sutra, Tekstur Lembut dan Awet

Tak heran, seprai sutra memiliki harga jauh lebih mahal dibanding seprai material lainnya. 

Namun, seiring berjalannya waktu, biaya produksi sutra telah menurun drastis sehingga harganya lebih terjangkau dan bisa digunakan sebagian besar masyarakat meski ada beberapa yang masih tetap mahal. 

Walau memiliki banyak kelebihan, ada sejumlah kekurangan menggunakan seprai sutra, salah satunya soal perawatan,

Seprai sutra membutuhkan perawatan lebih banyak daripada bahan lainnya, yang bisa membuat sebagian orang enggan membeli seprai sutra. 

Baca juga: Simak, 4 Gangguan Kesehatan yang Muncul jika Tidak Mencuci Seprai

Ilustrasi seprai dan bed cover di kamar tidur sempit. SHUTTERSTOCK/TRAVELPIXS Ilustrasi seprai dan bed cover di kamar tidur sempit.
Merawat seprai sutra penting dilakukan demi meningkatkan masa pakainya. Ditambah, material sutra memiliki persyaratan pencucian yang sangat spesifik.

Anda harus memilih opsi pencucian lembut dan pastikan menggunakan siklus dingin. Anda juga harus menggunakan detergen khusus untuk kain atau seprai berbahan halus tanpa unsur beracun.

Beberapa kali pertama mencuci seprai disarankan melakukannya dengan tangan. Apa pun yang dilakukan, pastikan membaca instruksi pada label dengan benar. 

Nah, dilansir dari Decor Tips, Senin (24/4/2023), berikut sejumlah kekurangan menggunakan seprai sutra.  

Baca juga: Catat, 7 Warna Seprai Ini Bisa Menunjang Tidur Malam yang Nyenyak

1. Sutra adalah bahan yang sangat kuat. Namun, ketika lembap, sutra akan kehilangan 20 persen kekuatannya. Meski demikian, sutra memiliki kelembapan yang baik sekitar 11 persen.

2. Meski kuat, seprai sutra sama sekali tidak elastis. Terlebih lagi, jika seprai sutra diregangkannya lebih dari seharusnya, mungkin perlu waktu lama untuk kembali ke bentuk aslinya dan mungkin tidak akan pulih sepenuhnya.

3.Selanjutnya, kekurangan menggunakan seprai sutra adalah sensitif terhadap sinar matahari. Jadi, tidak disarankan membiarkannya terpapar sinar matahari dalam waktu lama. 

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mengganti Seprai? Ini Waktu Idealnya

4. Seprai sutra juga cukup rentan terhadap hama, seperti serangga.

5. Kekurangan menggunakan seprai sutra lainnya adalah konduktor listrik yang sangat lemah. Akibatnya, ini bisa menimbulkan muatan statis. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com