Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini 5 Material Seprai dan Plus Minusnya

Kompas.com - 18/03/2023, 09:54 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbelanja seprai bisa menjadi tugas sulit lantaran banyaknya pilihan yang ada di pasaran, dari jenis material, motif, dan warna. 

Memilih yang terbaik untuk kebutuhan Anda bisa jadi sulit jika tidak mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis seprai. 

Baca juga: Bolehkah Mencuci Seprai dan Handuk Bersamaan?

Kenyamanan merupakan aspek terpenting yang harus dipertimbangkan saat memilih seprai. Dapat dikatakan bahwa semua seprai dirancang untuk memberi rasa nyaman.

Perbedaannya, bahan yang digunakan. Sebagai contoh, beberapa jenis seprai lebih dapat diandalkan jika Anda ingin tetap sejuk pada malam hari, sementara yang lain memberikan kehangatan ekstra untuk membuat Anda tetap nyaman selama musim dingin.

Nah, untuk membantu Anda, berikut sejumlah material seprai beserta plus minusnya dilansir dari Rhythm of the Home, Sabtu (18/3/2023).  

Baca juga: 4 Kesalahan Mencuci Seprai yang Harus Dihindari

Sutra 

Ilustrasi seprai putih.Shutterstock/World_of_Textiles Ilustrasi seprai putih.
Sutra alami menawarkan beberapa kualitas terbaik. Bahan ini sangat kuat, halus, dan tahan lama meski kainnya yang ringan. Sutra memberikan sensasi mewah sekaligus memastikan pendinginan yang melegakan selama malam musim panas.

Salah satu fitur terbaik dari sutra alami adalah sirkulasi udara yang memberikan tingkat kenyamanan yang superior.

Berkat sifat hipoalergenik alaminya, sutra direkomendasikan untuk mereka yang sensitif terhadap bahan seprai yang lebih umum.

Satu-satunya kekurangan material seprai sutra alami adalah harganya yang mahal mengingat metode pembuatannya yang rumit dan lambat serta membutuhkan ulat sutera. 

Baca juga: 4 Tanda Sudah Waktunya Mengganti Seprai Baru 

Katun Mesir

Katun Mesir atau egyptian cotton secara luas dianggap sebagai jenis katun terbaik untuk dicoba jika Anda mencari pengalaman premium dalam segala hal.

Berkat seratnya yang ekstra panjang, katun Mesir memiliki daya tahan superior dan hasil akhir jauh lebih halus daripada jenis katun lainnya.

Sesuai dengan namanya, material seprai ini terutama ditanam di Mesir dan bagian lain dari Afrika Utara. Katun ini tumbuh subur di suhu panas dan kering dengan serat-seratnya mempertahankan kelembutan alaminya.

Katun Mesir berkualitas tinggi dan harganya relatif terjangkau. Beberapa produsen membuat campuran bahan ini dengan jenis katun lainnya untuk menghemat biaya. Itulah mengapa Anda harus berhati-hati membeli sprei asli yang dibuat menggunakan 100 persen katun Mesir. 

Baca juga: Kenapa Hotel Memakai Seprai Putih? Ternyata Ini Penyebabnya

Bambu

Ilustrasi seprai warna biru muda. SHUTTERSTOCK/TY LIM Ilustrasi seprai warna biru muda.
Dikenal dengan sirkulasi udara dan efek pendinginannya luar biasa, bambu adalah pilihan utama untuk material seprai. Jika peduli dengan keberlanjutan bumi, bambu menjadi material pilihan utama karena fitur-fiturnya yang ramah lingkungan.

Bahan ini tidak membutuhkan banyak air untuk diproduksi dan tidak bergantung pada bahan kimia yang berpotensi berbahaya. Keuntungan besar lainnya, bambu bersifat hipoalergenik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com