Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2023, 10:10 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi adalah bagian rumah yang rentan kotor dan berbau. Tentu saja, bau tak sedap ini dapat membuat penghuni rumah dan tamu tidak nyaman saat menggunakan kamar mandi.

Untungnya, menghilangkan dan mencegah bau tak sedap di kamar mandi dapat dilakukan dengan langkah sederhana, seperti cara menjaga kebersihan dan kesegaran barang-barang di dalamnya.  

Dilansir dari Love to Know, Kamis (6/4/2023), berikut cara mencegah bau tak sedap di kamar mandi.

Baca juga: Wajib Dibuang, 5 Barang Ini Menyebabkan Kamar Mandi Selalu Berantakan

Segarkan tempat sampah 

Ilustrasi kamar mandi.Shutterstock/Followtheflow Ilustrasi kamar mandi.
Setiap kali mengganti kantong sampah, letakkan bola kapas yang telah direndam ke dalam minyak esensial favorit Anda di bagian bawah tempat sampah.

Pilihan aroma yang cocok untuk kamar mandi, misalnya lavender, peppermint, kayu putih, dan lemon.

Ganti handuk setiap hari

Handuk basah bisa menjadi penyebab bau tak sedap di kamar mandi. Pastikan mengganti handuk setiap hari dan hindari meninggalkan handuk basah di kamar mandi untuk waktu  lama.

Ganti handuk tangan setiap dua hingga tiga hari dan pastikan membersihkan atau mengganti  keset kamar mandi setiap minggu.

Baca juga: 6 Cara Membuat Kamar Mandi Tetap Harum Sepanjang Hari

Bersihkan saluran air secara teratur

Wastafafel yang kotor dan mempet juga menjadi penyebab kamar mandi berbau. Maka itu, bersihkan wastafel secara rutin dan singkirkan sumbatan di saluran air kamar mandi. 

Gantung tanaman eucalyptus

Gantungkan tanaman eucalyptus di kamar mandi. Minyak alami yang dilepaskan tanaman ini akan memberikan aroma segar pada kamar mandi dan aromanya dapat membantu mengurangi stres.

Anda dapat menggantung seikat eucalyptus pada shower dengan tali atau meletakkan dalam vas di wastafel atau meja kamar mandi. 

Baca juga: Gantung Daun Eucalyptus untuk Aroma Kesegaran di Kamar Mandi

Gunakan baking soda 

Ilustrasi baking sodaPixabay/Monfocus Ilustrasi baking soda
Taburkan baking soda di sekitar dan di atas saluran air di kamar mandi, bak mandi, dan wastafel. Diamkan selama beberapa menit, lalu lanjutkan dengan menambahkan percikan cuka dan beberapa tetes perasan lemon.

Anda juga dapat menaburkan baking soda ke dalam tangki kloset dan diamkan selama beberapa jam sebelum menekan tombol flush.

Jaga kesegaran handuk

Bau di kamar mandi dapat disebabkan handuk yang lembap. Maka itu, cuci handuk dengan cuka putih untuk membersihkannya secara menyeluruh dan menghilangkan bau.

Jika mengeringkan handuk dengan mesin pengering, tambahkan dryer ball dengan beberapa tetes air lemon atau minyak esensial. Pastikan handuk benar-benar kering saat menyimpannya. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kerak Putih di Kloset, Pakai Soda Kue dan Batu Apung

Bersihkan atau ganti tirai

Jamur dan endapan sabun menumpuk dengan cepat pada tirai shower. Bersihkan secara menyeluruh atau ganti tirai shower setiap beberapa bulan.

Bilas tirai setelah setiap kali mandi dan maksimalkan ventilasi kamar mandi saat mandi untuk mengurangi akumulasi kelembapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com