Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mencegah Benda dan Furnitur Kulit Terkelupas, Bikin Awet

Kompas.com - 06/04/2023, 07:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengeluapasan adalah masalah umum yang dialami material kulit, baik kulit asli maupun alternatif sintetis.

Ini juga menjadi hal yang dikhawatirkan banyak orang saat memiliki benda dan furnitur kulit seperti sofa, sepatu, dan tas.

Baca juga: 4 Cara Terbaik Membersihkan Furnitur Kulit, Bikin Terlihat Baru

Pengelupasan sering dialami oleh produk yang menggunakan kulit berkualitas rendah atau tidak merawatnya dengan baik. 

Tentu saja, benda atau furnitur kulit yang terkelupas membuat tampilannya kurang menarik dan usia penggunaan menjadi lebih pendek.  

Beruntunga, cara memperbaiki dan mengembalikan hasil akhir yang bersih dapat dilakukan dengan mudah serta menggunakan bahan-bahan alami. 

Nah, dikutip dari Rhythm of the Home, Kamis (6/4/2023), berikut beberapa cara mencegah benda dan furnitur kulit terkelupas. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Furnitur Kulit

Menjaga permukaan kulit tetap bersih

Ilustrasi sofa kulit.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi sofa kulit.
Tanpa rutinitas pembersihan yang dapat diandalkan, dapat dikatakan bahwa material kulit hewan yang tahan lama sekalipun dapat menjadi rentan terhadap keretakan dan pengelupasan.

Masalah utamanya berasal dari kotoran yang menembus pori-pori kecil bahan kulit. Hal ini juga menyebabkan furnitur kulit memudar dan tampilannya terlihat usang.

Pembersihan secara teratur dengan kain lembap dapat membantu meringankan beberapa kerusakan, tetapi Anda perlu berinvestasi pada produk yang lebih khusus untuk mengatasi efek terburuk dari kotoran yang berlebih.

Ada banyak pembersih di pasaran yang secara khusus dirancang untuk material kulit. Pilih salah satu di antaranya daripada mencoba beberapa produk sampai menemukan yang aman untuk kulit.  

Baca juga: Jangan Asal, Ini 4 Cara Menata Furnitur di Rumah Kecil

Jangan biarkan furnitur kulit terjemur di bawah sinar matahari 

Selanjutnya, cara mencegah benda dan furnitur kulit terkelupas adalah menghindarinya menjemur di bawah sinar matahari.

Paparan langsung sinar matahari dapat menyebabkan sejumlah masalah pada benda berbahan kulit, seperti lebih rentan memudar dan retak, yang pada gilirannya dapat memperburuk pengelupasan.

Jika tidak dapat menghindari sinar matahari, ada beberapa metode memberikan perlindungan pada furnitur kulit. Gunakan sarung furnitur dapat membantu mencegah paparan sinar matahari yang berlebihan.

Solusi lain, menggunakan produk pelindung khusus, seperti losion tabir surya dan semprotan yang membentuk penghalang anti-UV.

Menerapkan produk-produk ini cukup mudah. Dalam kebanyakan kasus, Anda hanya perlu menambahkan lapisan tipis untuk perlindungan sinar matahari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com