Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Atap Rumah Dapat Bertahan? Ini Usianya

Kompas.com - 15/03/2023, 20:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Forbes

JAKARTA, KOMPAS.com - Atap merupakan bagian integral dan "mahkota" sebuah rumah atau bangunan.

Atap berfungsi melindungi rumah dari panas, hujan, angin, dan benda-benda lainnya, memberi keteduhan, dan menjaga rumah tetap nyaman. 

Baca juga: 6 Tanda Perlu Mengganti Atap Rumah

Karena itu, menjaga atap rumah dalam kondisi baik adalah tugas yang harus dilakukan untuk menjaga keutuhan hunian. 

Namun, seiring waktu, atap rumah dapat memburuk karena keausan atau mengalami kerusakan akibat cuaca buruk, yang akhirnya membuatnya harus diganti.  

Dikutip dari Angi, rata-rata usia atap rumah adalah 30 tahun, tetapi ada beberapa material, seperti beton dan batu tulis, dapat bertahan hingga 100 tahun.

Selain bahan, usia atap dipengaruhi pengerjaan dan kondisi di daerah Anda tinggal. Jika dipasang oleh perusahaan atap berkualitas, banyak jenis atap yang dapat bertahan lebih dari 30 tahun;

Bahkan beberapa hingga 50 tahun atau lebih, kecuali jika terjadi badai yang hebat atau pohon tumbang yang besar. Sebaliknya, atap rumah yang lebih murah tidak akan bertahan selama jenis yang lebih mahal. 

Nah, dirangkum dari Forbes, Rabu (15/3/2023), berikut usia atap rumah berdasarkan materialnya.  

Baca juga: Cara Merawat Atap Rumah agar Lebih Tahan Lama

Genteng batu tulis

Ilustrasi genteng batu tulis.Shutterstock/Tong_stocker Ilustrasi genteng batu tulis.
Genteng batu tulis adalah salah satu jenis atap rumah paling mahal karena dikenal daya tahannya dan tampilannya yang menarik.

Genteng batu tulis sebenarnya adalah kombinasi dari bahan alami, seperti abu vulkanik atau tanah liat yang telah melalui transformasi metafora.

Jenis atap rumah ini memiliki penampilan halus dan berbutir-butir, tetapi bisa jadi cukup berat sehingga harganya mahal. Penampilannya yang indah dan daya tahan bagus membuat genteng batu tulis terus menjadi pilihan banyak pemilik rumah.

Genteng batu tulis dapat bertahan dalam ujian waktu, bahkan hingga 100 tahun, dan sebagian besar tidak memerlukan banyak perawatan setelah dipasang di rumah. 

Baca juga: 8 Bahaya Membiarkan Atap Rumah Bocor

Genteng tanah liat 

Genteng tanah liat tidak hanya indah karena warnanya yang khas, tetapi juga salah satu pilihan atap rumah yang lebih hemat biaya.

Genteng tanah liat dapat berfungsi ganda dengan tidak hanya melindungi rumah, tetapi juga mengurangi biaya energiberkat kemampuannya menghalau panas dan menjaga suhu tetap dingin.

Selain tahan cuaca dan api, atap rumah genteng tanah liat mudah disesuaikan dan menawarkan fleksibilitas kepada pemilik rumah yang tidak dimilik jenis atap lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com