Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Lama Atap Rumah Dapat Bertahan? Ini Usianya

Atap berfungsi melindungi rumah dari panas, hujan, angin, dan benda-benda lainnya, memberi keteduhan, dan menjaga rumah tetap nyaman. 

Karena itu, menjaga atap rumah dalam kondisi baik adalah tugas yang harus dilakukan untuk menjaga keutuhan hunian. 

Namun, seiring waktu, atap rumah dapat memburuk karena keausan atau mengalami kerusakan akibat cuaca buruk, yang akhirnya membuatnya harus diganti.  

Dikutip dari Angi, rata-rata usia atap rumah adalah 30 tahun, tetapi ada beberapa material, seperti beton dan batu tulis, dapat bertahan hingga 100 tahun.

Selain bahan, usia atap dipengaruhi pengerjaan dan kondisi di daerah Anda tinggal. Jika dipasang oleh perusahaan atap berkualitas, banyak jenis atap yang dapat bertahan lebih dari 30 tahun;

Bahkan beberapa hingga 50 tahun atau lebih, kecuali jika terjadi badai yang hebat atau pohon tumbang yang besar. Sebaliknya, atap rumah yang lebih murah tidak akan bertahan selama jenis yang lebih mahal. 

Nah, dirangkum dari Forbes, Rabu (15/3/2023), berikut usia atap rumah berdasarkan materialnya.  

Genteng batu tulis sebenarnya adalah kombinasi dari bahan alami, seperti abu vulkanik atau tanah liat yang telah melalui transformasi metafora.

Jenis atap rumah ini memiliki penampilan halus dan berbutir-butir, tetapi bisa jadi cukup berat sehingga harganya mahal. Penampilannya yang indah dan daya tahan bagus membuat genteng batu tulis terus menjadi pilihan banyak pemilik rumah.

Genteng batu tulis dapat bertahan dalam ujian waktu, bahkan hingga 100 tahun, dan sebagian besar tidak memerlukan banyak perawatan setelah dipasang di rumah. 

Genteng tanah liat 

Genteng tanah liat tidak hanya indah karena warnanya yang khas, tetapi juga salah satu pilihan atap rumah yang lebih hemat biaya.

Genteng tanah liat dapat berfungsi ganda dengan tidak hanya melindungi rumah, tetapi juga mengurangi biaya energiberkat kemampuannya menghalau panas dan menjaga suhu tetap dingin.

Selain tahan cuaca dan api, atap rumah genteng tanah liat mudah disesuaikan dan menawarkan fleksibilitas kepada pemilik rumah yang tidak dimilik jenis atap lainnya.

Atap tanah liat tidak membutuhkan banyak perawatan dan mudah diperbaiki. Usia atap rumah ini dapat bertahan selama 50 tahun, bahkan lebih lama. 

Genteng beton sangat populer karena dapat ditata dan dicat untuk meniru tampilan gaya genteng lainnya, termasuk batu, batu tulis, kayu, juga tanah liat.

Dalam hal keserbagunaan, atap rumah genteng beton menjadi pemenangnya. Sebab, tidak hanya dapat dibentuk, tetapi juga mudah dicat dengan berbagai warna yang sesuai dengan keinginan desain Anda dan melengkapi estetika keseluruhan rumah.  

Atap sirap aspal dan arsitektur

Atap sirap aspal dianggap sebagai atap paling populer dari semua atap di rumah-rumah baru saat ini. Ini adalah pilihan bagus jika ingin menghemat biaya, tetapi juga memberikan perlindungan  cukup untuk rumah.

Atap rumah ini hemat biaya, tetapi tidak bertahan selama beberapa pilihan atap lainnya. Usia atap rumah sirap aspal bisa bertahan 15-30 tahun sebelum memerlukan perbaikan atau penggantian.

Bagian bawah aspal hitam dari sirap ini akan aktif di bawah paparan panas matahari dan menyegel atap di tempatnya untuk perlindungan terhadap elemen-elemen.

Atap sirap segel arsitektur mirip dengan aspal, tetapi mempunyai harga lebih mahal. Atap rumah ini dianggap lebih menarik dari atap aspal, tetapi juga lebih tahan lama karena memiliki kepadatan tiga kali lipat dari atap aspal.

Usia atap rumah ini dapat bertahan selama 25-30 tahun. 

Ini membuatnya lebih tahan lama dibanding panel dengan ukuran yang lebih tinggi dan ketebalan lebih kecil, yang pada akhirnya menawarkan perlindungan lebih sedikit untuk rumah. 

Ukuran 22-24 dianggap sebagai atap logam kelas atas dan menawarkan perlindungan selama 50 tahun atau lebih, sedangkan atap logam dengan ukuran lebih tinggi (25-29) menawarkan perlindungan selama 20-25 tahun.

Biasanya, garansi pada atap metal ditentukan oleh jenis material yang digunakan, tetapi dimulai dari 20 tahun. 

Atap sirap kayu

Keindahan alami dari jenis atap rumah ini membuatnya harus dimiliki banyak pemilik hunian. Gaya atap ini sangat populer karena menarik secara visual serta bertahan dalam ujian waktu. 

Elemen lain yang menarik dari atap sirap kayu adalah memberikan perlindungan terhadap serangga dan pembusukan.

Namun, untuk memastikan perlindungan, para ahli menyarankan melakukan inspeksi tahunan untuk menentukan apakah ada kerusakan.

Dengan perawatan dan pemeliharaan tepat, usia ataprumah sirap kayu dapat bertahan hingga 30 tahun.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/15/201500276/berapa-lama-atap-rumah-dapat-bertahan-ini-usianya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke