Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Desain Dapur yang Tidak Boleh Dilakukan

Kompas.com - 04/03/2023, 18:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur membutuhkan perawatan dan perhatian paling besar dalam hal desain, dekorasi, serta pembersihan. 

Hal ini karena dapur tak hanya menjadi tempat memasak dan menyiapkan makanan, tapi juga berkumpul dan hiburan bersama keluarga. 

Baca juga: 5 Kesalahan Desain Feng Shui yang Harus Dihindari

Dengan penataan yang baik, dapat membuat dapur terasa nyaman dan betah berlama-lama di dapur. Bahkan sudut yang paling praktis di dapur pun layak untuk tampil maksimal.

Mendesain dapur yang praktis dan estetis tidaklah semudah kelihatannya. Satu langkah yang salah bisa mengacaukan aliran atau fungsi dapur.

Beberapa desainer membagikan beberapa kesalahan desain dapur yang paling umum dilakukan dan bagaimana cara mencegahnya agar tidak terjadi dikutip dari Southern Living, Sabtu (4/3/2023). 

Baca juga: 5 Kebiasaan Membersihkan Dapur yang Harus Dihentikan

Memaksakan sebuah kitchen island 

Ilustrasi pencahayaan di dapur.Shutterstock/Sheila Say Ilustrasi pencahayaan di dapur.
Hanya karena sebuah kitchen island yang luas merupakan faktor "wow", bukan berarti harus ada di setiap dapur.

"Kenyataannya, di banyak rumah, tapak dapur tidak cukup luas untuk menampung sebuah kitchen island," jelas Kim Armstrong, desainer interior yang berbasis di Texas, Amerika Serikat (AS). 

Bahkan, jika dapat memasukkan sebuah kitchen island, terkadang itu tidak masuk akal dari sudut pandang sirkulasi. Sebagai gantinya, Armstrong merekomendasikan mencari alternatif yang sesuai dengan tata letak Anda.

"Saya memberikan yang terbaik bagi klien dari dua dunia, yakni memaksimalkan aliran dan penyimpanan, sambil tetap menyediakan tempat duduk di meja dapur," ucapnya.

Sebuah kitchen island dapat membebaskan bagian tengah dapur kecil yang menjadi semua aktivitas berlangsung dan memungkinkan para tamu menarik tempat duduk dan tetap menjadi bagian dari interaksi. 

Baca juga: Perhatikan, Ini 4 Area Dapur yang Sering Lupa Dibersihkan

Merapikan konter 

Setiap koki rumahan dapat memberi tahu Anda bahwa di balik setiap hidangan yang menggugah selera ada serangkaian blender, pengolah makanan, dan panci presto untuk menyelesaikan pekerjaan.

Masalahnya, mereka bisa memakan tempat yang sangat berharga. "Menurut saya, tidak menyertakan garasi peralatan kecil di dapur, berapa pun ukurannya, adalah sebuah kesalahan," udesainer Mark Lavender, desainer di Tennessee dan Illinois.

Tidak ada yang terlihat lebih berantakan di atas meja dapur selain sederet peralatan kecil yang menutupi setiap inci ruang meja."

Cara mengatasinya, menemukan tempat untuk menyimpan semua peralatan saat tidak digunakan. "Buat konter yang menarik dengan stopkontak listrik yang memungkinkan untuk menggunakan peralatan kecil di tempatnya dan menutup pintunya saat selesai." 

Baca juga: 4 Barang yang Harus Disingkirkan dari Lemari Dapur Segera, Apa Saja?

Menggunakan nat putih

Ilustrasi dapur, ilustrasi meja dapur.SHUTTERSTOCK / Hendrickson Photography Ilustrasi dapur, ilustrasi meja dapur.
Selanjutnya, kesalahan desain dapur adalah menggunakan nat putih. Seperti kata pepatah, tidak ada yang abadi, termasuk kondisi nat yang dulunya murni.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com