Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kebiasaan Membersihkan Dapur yang Harus Dihentikan

Kompas.com - 03/03/2023, 13:34 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan permukaan lainnya di rumah, dapur juga perlu dibersihkan. Apalagi, mengingat dapur merupakan salah area yang paling sering digunakan dan rentan terkena kotoran.

Membersihkan dapur sebaiknya dilakukan setiap hari, terlebih bila rutin memasak, dan secara efisien sehingga memudahkan pembersihan mendalam. 

Baca juga: 6 Tips Membersihkan Dapur Tanpa Bikin Lelah

Namun, saat membersihkan dapur, ada beberapa kebiasaan salah yang dilakukan, yang pembersihan tidak optimal dan efisien.

Dilansir dari Apartment Therapy, Jumat (3/3/2023), berikut lima kebiasaan membersihkan dapur yang harus dihentikan.

Memulai dari bawah

Ilustrasi membersihkan lemari dapur, Ilustrasi membersihkan dapur.Shutterstock/Africa Studio Ilustrasi membersihkan lemari dapur, Ilustrasi membersihkan dapur.
Saat menyiapkan makanan, terkadang sisa bahan makanan terjatuh dan mengotori lantai. Meski begitu, tetap membersihkan dapur mulai dari atas, seperti meja dapur atau countertop, agar kotoran terjatuh ke lantai sehingga Anda tidak perlu bekerja dua kali untuk membersihkan. 

Baca juga: 4 Barang yang Harus Disingkirkan dari Lemari Dapur Segera, Apa Saja?

Membersihkan semua permukaan dengan cara sama

Meski dapat membersihkan banyak permukaan dapur dengan pembersih serbaguna, ada tidak semua permukaan aman dibersihkan dengan produk tersebut karena bisa merusaknya. 

Karena itu, baca dan ikuti petunjuk produk pembersih sebelum menggunakannya. Produsen biasanya menjelaskan mengenai permukaan yang aman digunakan produk tersebut. 

Baca juga: Hindari, Ini 8 Kesalahan Membersihkan Rumah yang Bikin Makin Kotor

Menggunakan handuk kertas untuk semua permukaan

Handuk kertas adalah alat pembersih dapur yang penting. Benda tersebut digunakan untuk menyeka tumpahan, membersihkan minyak, jendela, dan banyak lagi. 

Namun, menggunakan handuk kertas untuk semua permukaan akan membuat pengeluaran menjadi boros. Selain itu, belum tentu handuk kertas merupakan alat pembersih terbaik untuk kotoran yang sedang ditangani.

Sebelum menggunakan handuk kertas, pertimbangkan apakah handuk cuci piring, spons, atau kain mikrofiber dapat digunakan sebagai gantinya. Bahan yang dapat digunakan kembali  menjadi pilihan lebih baik.

Baca juga: Jangan Bersihkan 6 Permukaan Benda Ini Dengan Handuk Kertas

Tidak membersihkan alat pembersih

Ilustrasi membersihkan dapur. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi membersihkan dapur.
Peralatan, seperti panci, wajan, piring, dan talenan, biasanya selalu dibersihkan setelah menyiapkan makanan. Namun, terkadang benda yang digunakan untuk membersihkan peralatan tersebut lupa dibersihkan.

Spons cuci piring dan wastafel dapur merupakan dua benda yang sering menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Maka itu, perlu mengganti spons cuci piring sesering mungkin dan cuci wastafel dapur secara teratur agar tetap bersih.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Peralatan Pembersih Rumah

Membiarkan piring kotor di bak cuci hingga keesokan hari

Membiarkan sisa makanan dalam piring kotor di bak cuci hingga keesokan hari dapat mengundang semut, lalat buah, kecoak, hingga tikus.

Sebaiknya segera mencuci piring kotor setelah makan. Ini tidak membuat dapur berbau, tetap bersih, dan Anda tidak perlu bangun lebih awal untuk membersihkannya.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com