Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Desain Dapur yang Harus Dihindari, Apa Saja?

Kompas.com - 21/02/2023, 19:49 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur adalah salah satu ruangan penting di rumah. Namun, kesalahan desain dapur berpotensi mengubah dapur impian menjadi mimpi buruk.

Dikutip dari Express UK, Selasa (21/2/2023, salah satu elemen terpenting saat mendesain dapur ada pada tahap perencanaan. Gagal memberikan pertimbangan yang tepat tentang bagaimana Anda akan menggunakan dapur setiap hari, bisa memicu masalah yang membuat frustrasi di kemudian hari.

Selena Quick, pendiri dan direktur pelaksana PAD Kitchens menjelaskan, dapur yang dirancang dengan buruk dapat membuat frustrasi setiap hari dan dapat mengurangi nilai jual rumah.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Dilakukan Orang di Dapur

 

Ilustrasi dapur kecil bergaya minimalis. SHUTTERSTOCK/LILOON Ilustrasi dapur kecil bergaya minimalis.

Faktanya, ujar dia, penelitian menunjukkan bahwa dapur adalah satu-satunya ruangan di rumah yang benar-benar dapat memengaruhi keputusan calon pembeli dalam memilih rumah baru.

Selain mempertimbangkan arsitektur rumah sejak awal, Quick meyakini bahwa dapur harus dirancang berdasarkan preferensi, gaya hidup, dan anggaran pribadi Anda.

Namun, selalu ada baiknya mempertimbangkan bagaimana orang lain melihatnya juga, terutama jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menjual rumah Anda dalam beberapa tahun ke depan, tutur dia.

Quick menjelaskan, ada lima kesalahan dapur yang harus dihindari dan dapat memengaruhi nilai jual rumah Anda.

Baca juga: Ide Dekorasi Kitchen Set di Dapur Sempit, Apik dan Fungsional

1. Memilih kitchen set karena alasan yang salah

Menurut Quick, kitchen set atau lemari dapur adalah salah satu pilihan terbesar yang akan Anda buat untuk dapur. Kitchen set harus fungsional, menyenangkan secara estetika dan sesuai anggaran.

Namun, dia menyarankan memilih kitchen untuk fungsinya terlebih dahulu dan yang paling utama. Meskipun ada banyak pilihan kitchen set yang sangat terjangkau yang terlihat bagus, perangkat itu tidak akan bertahan dalam ujian waktu dan mungkin perlu diganti lebih cepat dari yang Anda harapkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com