Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Cara Menghilangkan Noda Kuteks dari Pakaian, Karpet, Furnitur

Kompas.com - 21/02/2023, 12:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan tubuh dan kulit, kuku juga perlu mendapat perawatan demi menjaga kesehatan, kekuatan, serta kecantikan kuku. 

Kuku yang terawat adalah unsur penting untuk memulai setiap hari dengan percaya diri dan mudah. Tak heran, banyak orang melakukan perawatan kuku setiap minggunya. 

Baca juga: 6 Cara Unik Menggunakan Penghapus Kuteks untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Salah satunya perawatan kuku yang dilakukan adalah menggunakan cat kuku atau kuteks. Mengaplikasikan kuteks bisa dilakukan di salon maupun sendiri di rumah.

Namun, mengaplikasikan cat kuku sendiri di rumah lebih rentan terhadap kecelakaan seperti menumpahkannya pada karpet, sofa mewah, dan pakaian yang dikenakan.

Tentu saja, hal ini tidak diinginkan oleh siapa pun dan dapat merusak tampilan kain yang terkena. Karena itu, perlu segera membersihkan noda kuteks tersebut. 

Membiarkan berlama-lama hanya akan membuat noda kuteks membekas, keras, dan semakin sulit dihilangkan. 

Dilansir dari Southern Living, Selasa (21/2/2023), berikut ragam cara menghilangkan noda kuteks dari pakaian, karpet, dan furnitur.  

Baca juga: 5 Bahan yang Ampuh Menghilangkan Noda Lengket pada Setrika

Cara menghilangkan noda kuteks dari pakaian (metode aseton)

Ilustrasi kuteks, cat kuku.FREEPIK/DEVMARYNA Ilustrasi kuteks, cat kuku.
Sebalum menggunakan aseton, lihat terlebih dulu apakah kain mengandung asetat, triasetat, atau modakrilik. Jika ya, hindari menggunakan aseton karena akan memutihkan permukaannya. Apabila tidak, ikuti langkah pembersihkan noda kuteks di bawah ini. 

  • Ambil aseton, bola kapas, tisu, dan permukaan yang rata.
  • Ambil kain yang terkena noda kuteks, lalu letakkan di atas permukaan yang rata di atas tisu. Ambil bola kapas dengan hati-hati dan tepuk-tepuk atau oleskan area tersebut (jangan diolesi) dengan aseton. Noda kuteks akan berpindah ke tisu.
  • Ulangi tindakan aseton dengan bola kapas dan tisu bersih. Jika noda membandel atau  masih ada sisa-sisa semir yang tertinggal, masukkan pakaian ke mesin cuci dengan air dingin. 

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Noda Minyak pada Pakaian

Cara menghilangkan noda kuteks dari furnitur (metode bebas aseton) 

Menghilangkan noda cat kuku dari kain pelapis sedikit lebih sulit, tapi sangat mungkin dilakukan. Metode ini bebas aseton sehingga tidak ada perubahan warna atau pemutih di sini. Berikut cara menghilangkan noda kuteks dari furnitur tanpa aseton. 

  • Segera gunakan tisu bersih untuk menyerap cat kuku sebanyak mungkin. Pastikan tidak mengoleskan kuteks ke seluruh permukaan. Gunakan sapuan kecil atau tindakan mengeringkan.
  • Basahi kain bersih dengan air dingin dan tambahkan satu sendok makan sabun cuci piring cair. Tepuk-tepuk atau oleskan pada permukaan yang terkena noda dengan kain yang telah dilapisi sabun. Ulangi langkah ini jika perlu.
  • Setelah noda hilang, tepuk-tepuk permukaannya dengan kain bersih dan air dingin. 

Baca juga: 7 Bahan Alami yang Dapat Membersihkan Noda pada Pakaian

Cara menghilangkan noda kuteks dari karpet

Ilustrasi kuteks, cat kuku, mengaplikasikan cat kuku.PEXELS/ELEMENT5 DIGITAL Ilustrasi kuteks, cat kuku, mengaplikasikan cat kuku.
Hal yang diperlukan hanyalah sedikit minyak siku untuk membuat karpet kembali seperti baru. Anda membutuhkan handuk kertas, kain bersih, dan penghapus cat kuku non-aseton. Berikut cara menghilangkan noda kuteks dari karpet. 

  • Segera gunakan tisu atau kain bersih untuk menyerap tumpahan sebanyak mungkin. Jangan menggosok, tetapi tepuk-tepuk area tersebut untuk memastikan noda kuteks tidak menyebar.
  • Ambil penghapus cat kuku non-aseton dan tuangkan sedikit pada kain bersih. Tepuk-tepuk area karpet yang terkena noda dengan hati-hati.
  • Ulangi proses ini sampai noda kuteks benar-benar hilang dari karpet. 

Baca juga: 5 Bahan di Rumah untuk Hilangkan Noda Kuning pada Pakaian 

Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan

  • Jangan gunakan air panas karena kain dapat berubah bentuk sehingga memperdalam ikatan antara noda cat kuku dan kain.
  • Jangan mengoleskan noda. Tepuk-tepuk, oleskan, atau gunakan gerakan memutar pendek yang cepat. Jikamenggosok atau mengoleskan noda kuteks, noda berpotensi menyebar ke lebih banyak bagian kain.
  • Jangan mulai mengelap di bagian tengah. Kerjakan dari bagian luar noda ke bagian tengah. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com