Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/01/2023, 10:29 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Bantal adalah benda yang paling sering digunakan di rumah. Setiap malam, Anda menggunakan bantal untuk melindungi kepala, meninggalkan rambut, kulit mati, dan lainnya, termasuk riasan, keringat, dan kotoran.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, seiring waktu, hal-hal ini mulai menumpuk, menyebabkan bantal yang dulunya putih menjadi kuning. 

Meskipun Anda dapat mengganti bantal menguning dengan yang baru, Anda dapat membersihkan, memutihkan, dan menyegarkan kembali bantal lama yang menguning dengan mencuci dan merawatnya.

Baca juga: 4 Cara Efektif Menghilangkan Bau pada Bantal

Ilustrasi bantal menguning, noda kuning pada bantal. SHUTTERSTOCK/PJJARUWAN Ilustrasi bantal menguning, noda kuning pada bantal.

 

Dilansir Express.co.uk, Kamis (5/1/2023), Martin Seeley, CEO dan pakar tidur di MattressNextDay, mengatakan, sebuah penelitian menemukan bahwa tidak mencuci bantal atau sarungnya dapat menyebabkan 16 spesies jamur yang berbeda dan memicu reaksi alergi atau menginfeksi paru-paru atau organ lain.

Oleh karena itu, Anda harus membersihkan bantal bagian dalam setiap enam bulan. 

Selain itu, karena rata-rata orang menghabiskan sepertiga hidupnya di tempat tidur, bantal secara alami menjadi rumah bagi bakteri, sel kulit mati, dan debu yang semuanya dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan banyak lagi.

Karenanya, Anda harus mencuci bantal setiap tiga bulan di mesin cuci, namun pastikan untuk memeriksa label perawatan pada bantal untuk melihat metode pencucian apa yang paling cocok.

Baca juga: Alasan Penting Harus Mencuci Bantal dan Cara Membersihkannya

Lucy Ackroyd, kepala desain di Christy menyebut, bantal harus dicuci setiap tiga bulan karena, mirip dengan tempat tidur, bantal mengandung keringat dan kulit mati.

Sebagian besar yang berkualitas baik akan dapat bertahan beberapa kali pencucian tanpa menggumpal, tetapi pastikan untuk memeriksa label perawatannya, karena bantal sintetis dan bulu dapat dicuci pada suhu yang sedikit berbeda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com