Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Merawat Vacuum Cleaner Robot agar Tidak Cepat Rusak

Kompas.com - 05/01/2023, 09:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Lifehacker

JAKARTA, KOMPAS.com - Vacuum cleaner robot kini semakin populer dan banyak digunakan oleh pemilik rumah. Bagaimana tidak, vacuum cleaner robot sangat praktis digunakan untuk menyedot debu di rumah.

Setelah diatur dengan benar, vacuum cleaner robot dapat menyedot debu sementara Anda melakukan hal lainnya. Namun demikian, jangan abaikan perawatan vacuum cleaner robot agar tahan lama dan tidak mudah rusak.

Akan tetapi, jangan khawatir, sebab perawatan vacuum cleaner robot cukup sederhana.

Baca juga: Modena Luncurkan Robot Vacuum Cleaner Berbasis IoT

Ilustrasi vacuum cleaner robot. PEXELS/KINDEL MEDIA Ilustrasi vacuum cleaner robot.

Dikutip dari Lifehacker, Kamis (5/1/2023), berikut cara merawat vacuum cleaner robot agar tidak cepat rusak dan tahan lama.

Lakukan setiap hari atau setiap selesai pemakaian

Vacuum cleaner robot memiliki kapasitas pengumpulan debu yang jauh lebih kecil daripada vacuum cleaner biasa yang memiliki kantong atau tabung. Ini berarti mengosongkannya setelah atau sebelum digunakan setiap penggunaan penting dilakukan.

Agar langkah ini mudah dilakukan, letakkan tempat sampah kecil tepat di sebelah dok vacuum cleaner robot, sehingga Anda tidak perlu membawa vacuum cleaner robot ke tempat sampah untuk mengosongkannya.

Hal penting lainnya yang harus dilakukan setelah setiap penggunaan adalah memeriksa sikat samping dan rol yang bisa kusut.

 

Baca juga: Penyebab Anjing Takut Mendengar Suara Vacuum Cleaner

Ini sangat penting jika Anda memiliki hewan peliharaan, anggota keluarga yang berambut panjang, atau kecenderungan untuk melepaskan tali sepatu di tempat vacuum cleaner robot dapat menyedotnya.

Lakukan setiap beberapa bulan

Semua vacuum cleaner robot memiliki filter yang mencegah debu keluar. Seperti semua filter, ini perlu diganti setiap dua bulan atau lebih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com