Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Taoge Hidroponik, Mudah dan Cukup Pakai Baki

Kompas.com - 05/01/2023, 07:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Taoge atau tauge alias toge adalah salah satu tanaman sayuran populer yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Taoge pun mudah ditemui di pasar tradisional hingga pasar modern karena peminatnya banyak, harganya murah, serta dapat diaplikasikan di berbagai jenis masakan. Taoge dapat diolah dengan cara digoreng, direbus, ditumis, maupun sebagai pelengkap hidangan.

Tidak hanya di Indonesia, taoge juga dikenal di mancanegara, khususnya negara-negara Asia Tenggara dan Asia Timur. Sayuran ini cukup sering digunakan sebagai bahan dasar pada masakan-masakan Asia, seperti masakan Jepang, Korea, China, Thailand, Vietnam, dan lainnya.

Baca juga: Antigagal, Ini 9 Cara Menanam Tomat Dalam Pot

Ilustrasi tauge, toge. PIXABAY/KNOWS_CHEF Ilustrasi tauge, toge.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Kamis (5/1/2023), taoge disebut sudah dikenal sejak 5.000 tahun lalu di daratan Asia. Manfaat taoge untuk kesehatan pun dikenal luas guna menyembuhkan berbagai penyakit.

Taoge diketahui memiliki kandungan vitamin A, B kompleks, dan vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu, taoge juga mengandung vitamin E, kaya asam folat, dan rendah kalori, yang tentunya baik bagi tubuh.

Anda bisa menikmati taoge untuk dikonsumsi dengan menanamnya sendiri di rumah. Yang menarik, Anda bisa menanam toge dengan metode hidroponik.

Berikut cara menanam toge hidroponik yang tidak membutuhkan lahan yang luas dan mudah dilakukan. Sebab, penanaman taoge dilakukan di baki.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Matahari di Balkon, Praktis dan Dekoratif

Bahan dan alat yang dibutuhkan

  • Baki
  • Baki berlubang
  • Kain flanel
  • Kain strimin

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com