Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Bunga Matahari di Balkon, Praktis dan Dekoratif

Kompas.com - 03/01/2023, 09:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga matahari (Helianthus spp.) adalah salah satu bunga populer yang mengesankan. Bunga matahari berukuran besar yang terdiri dari kelopak kuning keemasan, putih krem, atau kemerahan yang memancar dari bagian tengah berwarna coklat tua.

Dilansir Home Guides SF Gate, Selasa (3/1/2023), pada akhir musim mekar, bagian tengah bunga matahari penuh dengan biji yang dipanen atau dibiarkan untuk menyediakan makanan bagi burung.

Bunga matahari berukuran standar mencapai ketinggian hingga 4,5 meter tergantung varietasnya. Namun, jika Anda ingin menanam bunga matahari di balkon, ini tentu terlalu besar.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Bunga Matahari, Kaya Makna dan Favorit Para Seniman

Ilustrasi menanam bunga matahari di pot di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/ELABRACHO Ilustrasi menanam bunga matahari di pot di dalam ruangan.

Akan tetapi, varietas bunga matahari kerdil tepat untuk ditanam di pot dan di balkon. Bila ingin menanam bunga matahari di pot untuk diletakkan di balkon, cobalah varietas kerdil seperti "Big Smile," "Sundance Kid" atau "Elf" yang tingginya hanya 12 hingga 24 inci.

Berikut cara menanam bunga matahari di pot untuk diletakkan di balkon.

Pertama, isi pot tanam yang kokoh sekitar setengah hingga 1 inci dari permukaan dengan media tanam pot komersial berkualitas baik. Hindari tanah kebun, yang menjadi padat dan mencegah aliran bebas udara dan air.

Tanam biji bunga matahari di dalam pot. Pot 6 inci menampung satu tanaman, sedangkan pot ukuran 3 liter dapat menampung tiga tanaman.

Baca juga: Bisakah Menanam Bunga Matahari di Pot?

Jika Anda lebih suka tidak menanam benih, belilah tanaman bunga matahari starter kecil di toko tanaman.

Sirami benih bunga matahari segera setelah tanam. Setelah itu, sirami setiap kali bagian atas tanah terasa kering.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com