Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/01/2023, 20:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Daun bawang adalah jenis sayuran sebagai pelengkap berbagai jenis masakan. Daun bawang memiliki daun bulat panjang, memiliki rongga seperti pipa, ujung daunnya runcing dengan pangkalnya padat berwarna putih.

Anda bisa menanam daun bawang di rumah. Budidaya daun bawang dapat dilakukan di lahan terbatas, bahkan dalam polybag, asalkan Anda dapat merawatnya dengan baik.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Senin (2/1/2023), cara menanam daun bawang di polybag hampir sama dengan di lahan tanah. Yang dibutuhkan adalah benih, polybag, dan pupuk.

Baca juga: Cara Menanam Kangkung Cabut di Pot atau Polybag, Bisa di Halaman Rumah

Daun bawang bisa digunakan menurunkan risiko kanker.SHUTTERSTOCK/LEONOV.O Daun bawang bisa digunakan menurunkan risiko kanker.

Hanya saja, media tanamnya terbatas maka dibutuhkan perlakuan khusus.

Berikut cara menanam daun bawang di polybag, sehingga dapat dilakukan di halaman rumah dan dinikmati hasil panennya untuk konsumsi sehari-hari.

1. Persiapan benih

Daun bawang dapat dibagi dalam dua jenis, yaitu daun bawang bakung dan daun bawang prei. Daun bawang yang banyak dibudidayakan di Indonesia adalah bawang daun bakung.

Cara memperbanyak tanaman ini dapat dilakukan secara generatif maupun vegetatif. Metode generatif adalah metode perbanyakan bibit dari biji atau benih, sedangkan vegetatif adalah metode perbanyakan dengan memecah anakan yang berasal rumpun utama.

Baca juga: Cara Membuat Media Tanam untuk Tanaman Dalam Pot dan Polybag

Untuk perbanyakan generatif di bedengan, sebarkan benih pada alur sedalam 1 cm dengan jarak antar alur 10 cm. Tutup persemaian dengan goni basah atau daun pisang agar terjaga kelembapannya dan buka penutup setelah muncul kecambah.

Namun, yang lebih mudah adalah menggunakan metode vegetatif. Perawatan harus dilakukan secara rutin tiap pagi dan sore hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com