Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Dibuang, Begini Cara Membuat Pupuk dari Kulit Kacang

Kompas.com - 21/02/2023, 08:41 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman dapat kesulitan untuk bertahan hidup saat cuaca panas, bahkan akan mulai layu atau kehilangan warna tanpa nutrisi yang tepat.

Dikutip dari Express UK, Selasa (20/2/2023), pupuk sangat penting bagi tanaman karena menyediakan vitamin dan mineral penting bagi tanaman agar sehat secara struktural, tetapi harganya bisa mahal. Oleh karena itu, penggunaan pupuk alami atau pupuk organik patut menjadi solusi.

Meskipun menggunakan pupuk komersial adalah salah satu cara untuk memastikan tanaman mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh subur, kulit kacang adalah alternatif yang unggul, dan harganya murah.

Baca juga: Simak, Ini Tahapan Pemupukan dan Jenis Pupuk Bawang Merah

 

Ilustrasi kacang, kulit kacang. PIXABAY/PEXELS Ilustrasi kacang, kulit kacang.

Salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai pupuk tanaman adalah kulit kacang.

James Mayo, duta biofilik di Exubia mengungkapkan bahwa sebenarnya Anda hanya membutuhkan kulit kacang yang kaya nitrogen untuk menyuburkan tanaman dengan anggaran terbatas.

Sangat penting untuk memupuk tanaman sebanyak mungkin antara awal April hingga akhir September karena ini adalah periode ketika tanaman aktif tumbuh, ujar Mayo.

Tanaman merasakan kenaikan suhu dan sinar matahari ekstra dan mulai secara aktif mencari nutrisi untuk membantu meningkatkan pertumbuhan mereka. Jika tidak ada pasokan yang cukup dari enam nutrisi penting yang dibutuhkan, pertumbuhan tanaman akan terhambat secara signifikan, imbuh dia.

Baca juga: 10 Pupuk Alami untuk Tanaman Tomat, Bisa Dibuat Sendiri

Nitrogen adalah salah satu bahan utama yang dibutuhkan oleh tanaman hias dan taman untuk tumbuh subur selama cuaca panas. Kulit kacang mengandung cukup banyak nitrogen yang dibutuhkan tanaman.

Mayo menjelaskan bahwa semua jenis kacang bisa digunakan, asalkan polos, tanpa garam atau perasa yang bisa mengeringkan tanaman.

Halaman:
Sumber Express
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com