Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kesalahan Desain Dapur yang Harus Dihindari, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur adalah salah satu ruangan penting di rumah. Namun, kesalahan desain dapur berpotensi mengubah dapur impian menjadi mimpi buruk.

Dikutip dari Express UK, Selasa (21/2/2023, salah satu elemen terpenting saat mendesain dapur ada pada tahap perencanaan. Gagal memberikan pertimbangan yang tepat tentang bagaimana Anda akan menggunakan dapur setiap hari, bisa memicu masalah yang membuat frustrasi di kemudian hari.

Selena Quick, pendiri dan direktur pelaksana PAD Kitchens menjelaskan, dapur yang dirancang dengan buruk dapat membuat frustrasi setiap hari dan dapat mengurangi nilai jual rumah.

Faktanya, ujar dia, penelitian menunjukkan bahwa dapur adalah satu-satunya ruangan di rumah yang benar-benar dapat memengaruhi keputusan calon pembeli dalam memilih rumah baru.

Selain mempertimbangkan arsitektur rumah sejak awal, Quick meyakini bahwa dapur harus dirancang berdasarkan preferensi, gaya hidup, dan anggaran pribadi Anda.

Namun, selalu ada baiknya mempertimbangkan bagaimana orang lain melihatnya juga, terutama jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menjual rumah Anda dalam beberapa tahun ke depan, tutur dia.

Quick menjelaskan, ada lima kesalahan dapur yang harus dihindari dan dapat memengaruhi nilai jual rumah Anda.

1. Memilih kitchen set karena alasan yang salah

Menurut Quick, kitchen set atau lemari dapur adalah salah satu pilihan terbesar yang akan Anda buat untuk dapur. Kitchen set harus fungsional, menyenangkan secara estetika dan sesuai anggaran.

Namun, dia menyarankan memilih kitchen untuk fungsinya terlebih dahulu dan yang paling utama. Meskipun ada banyak pilihan kitchen set yang sangat terjangkau yang terlihat bagus, perangkat itu tidak akan bertahan dalam ujian waktu dan mungkin perlu diganti lebih cepat dari yang Anda harapkan.


Sebagai gantinya, dia merekomendasikan rumah tangga menghabiskan sedikit lebih banyak untuk kitchen set berkualitas tinggi yang juga dapat dicat ulang atau digunakan kembali di masa mendatang jika Anda memilih untuk merenovasi dapur. 

2. Tidak mempertimbangkan seluruh ruang

Tata letak dapur sangat mendasar, terutama memastikan bahwa ada cukup ruang dan mengalir dengan baik dengan ruangan lainnya di rumah.

Menurut Quick, ini adalah salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang saat mendesain dapur.

Mempertimbangkan seluruh ruang berarti memastikan ada aliran alami dari satu ruangan atau zona ke ruangan lain, membuat bergerak di rumah lebih leluasa.

Pertimbangkan juga hal-hal seperti posisi pintu, jendela, dan kompor, memastikan setiap aspek dapur dapat bekerja sama dengan mudah.

3. Mengedepankan bentuk ketimbang fungsi

Sebelum mengalihkan perhatian mereka ke penampilan, Anda harus berpikir praktis karena dapur biasanya digunakan setiap hari.

Memilih warna kitchen set, meja dapur, dan perangkat keras yang indah adalah hal yang membuat kita semua tertarik saat pertama kali memikirkan tentang dapur baru, tetapi ada keputusan yang jauh lebih penting untuk dibuat sebelum itu, tutur Quick.

Di sinilah peran zonasi dapur, misalnya, memastikan area persiapan memasak berada di dekat kompor dan bak cuci piring untuk membentuk zona 'basah'.

Jika Anda mendesain dapur dari perspektif tata letak, Quick mengklaim bahwa Anda lebih cenderung menikmati menggunakan dapur sehari-hari.


Tata letak praktis penting bagi mereka yang ingin menikmati menggunakan dapur mereka secara teratur dan keputusan ini harus selalu didahulukan sebelum warna dan sentuhan akhir, sebut dia.

4. Tidak fokus pada pencahayaan

Tidak banyak orang yang memikirkan cara menambahkan pencahayaan ke dapur pada tahap desain awal. Ini berarti area utama ruangan bisa terasa terlalu gelap untuk tugas-tugas yang perlu dilakukan di sana.

Pencahayaan perlu direncanakan sejak awal. Quick mengatakan, sangat penting untuk mempertimbangkan pencahayaan yang tepat saat mendesain dapur baru.

Pencahayaan dapur harus terlihat bagus dan bekerja keras.

Ada kepraktisan yang jelas seperti pencahayaan yang berfokus pada meja untuk menyiapkan makanan dan pencahayaan di dalam lemari gelap sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan barang yang Anda cari.

Lalu ada estetika, ini mungkin berarti fitur lampu gantung yang indah di atas pulau dapur atau meja makan. Lampu berdiri yang dapat dipindahkan untuk kenyamanan atau lampu alas untuk memamerkan kitche set.

Kemudian ada aspek pencahayaan yang lebih teknis untuk dipertimbangkan seperti opsi peredupan dan sirkuit pencahayaan yang memungkinkan Anda membuat berbagai zona di ruang rencana terbuka yang dapat dikontrol secara terpisah.

5. Melupakan penyimpanan

Menyertakan banyak penyimpanan sangatlah penting saat mendesain dapur. Mungkin Anda akan menyadari betapa cepatnya lemari dan laci menjadi penuh, sehingga penyimpanan dapur harus diprioritaskan.

Apakah Anda perlu menemukan solusi penyimpanan pas yang cerdas untuk ruang dapur kecil atau Anda ingin memanfaatkan meja dapur besar secara maksimal, cari peluang untuk merencanakan penyimpanan sebanyak mungkin.


Quick menyatakan, untuk langkah awal, Anda perlu memikirkan apa yang perlu Anda simpan dan di mana.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/21/194959276/5-kesalahan-desain-dapur-yang-harus-dihindari-apa-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke