Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Kitchen Island di Dapur Kecil yang Fungsional

Kompas.com - 17/04/2024, 17:53 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kitchen island adalah meja di dapur yang berdiri terpisah dari rangkaian meja dapur lainnya. Kitchen island bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari menyiapkan makanan, memasak, hingga menjadi pengganti meja makan. 

Di dapur yang besar, meletakkan kitchen island merupakan hal yang biasa. Namun di dapur kecil, menempatkan kitchen island menjadi tantangan tersendiri. 

Baca juga: 5 Tren Kitchen Island 2024 yang Mencuri Perhatian

Sebab, kitchen island bisa membatasi ruang gerak di area dapur. Oleh karena itu, pemilihan kitchen island untuk dapur kecil harus dipertimbangkan dengan matang. 

Dilansir dari Real Homes, Rabu (17/4/2024), berikut ini ide kitchen island di dapur kecil agar tetap fungsional dan tidak memakan banyak ruang. 

Pilih kitchen island yang ramping

Ilustrasi kitchen island di dapur cantikShutterstock/BM_27 Ilustrasi kitchen island di dapur cantik

Cara termudah untuk menghemat ruang di dapur kecil yaitu dengan menggunakan kitchen island yang ramping. 

Nina Lichtenstein, desainer utama sekaligus pendiri Nina’s Home Design, mengatakan bahwa meja ramping dengan alas minimalis membuat kitchen island terlihat lapang. 

Kitchen island yang ramping juga membuat area dapur tidak sempit, sehingga ruang gerak saat memasak tidak akan terganggu. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Kitchen Island Terlihat Lebih Mahal

Hadirkan fitur multifungsi

Selanjutnya, ide kitchen island di dapur kecil yaitu menampilkan fitur multifungsi yang cerdas. Nina menyarankan untuk mencari kitchen island dengan peralatan bawaan seperti mesin pencuci piring, microwave, atau oven, sehingga lebih multifungsi. 

Dengan demikian, kitchen island bisa sekaligus digunakan untuk tempat menyimpan perlengkapan dapur. 

Gunakan kitchen island portabel

Tak ada salahnya untuk memilih kitchen island portabel yang lebih praktis, namun tetap fungsional. Adrian Pedraza, pakar desain dan pemilik The California Home Buyer, mengatakan bahwa kitchen island portabel mudah dipindahkan, sehingga membuat area lantai terasa lebih lapang. 

Tak hanya itu, kitchen island portabel juga multifungsi karena bisa digunakan meletakkan beberapa perlengkapan dapur maupun bahan makanan yang tidak dapat disimpan di lemari es. 

Baca juga: 6 Cara Menata Kitchen Island agar Fungsional dan Menarik

Pilih kitchen island yang permukaannya reflektif

Ilustrasi kitchen island di dapur putih yang mewahShutterstock/Allison J. Hahn Ilustrasi kitchen island di dapur putih yang mewah

Ide kitchen island di dapur kecil lainnya yaitu memilih kitchen island yang permukaannya reflektif. Nina menyarankan untuk memilih kitchen island yang permukaannya dilapisi cermin karena akan membuat dapur terlihat lebih luas. 

Tak hanya itu, permukaan cermin juga bisa memantulkan cahaya ke seluruh ruangan, sehingga dapur akan terasa lebih terang dan terbuka. 

Prioritaskan tempat penyimpanan

Nina juga menyarankan untuk memilih kitchen island yang memiliki rak, lemari, atau laci built-in, sehingga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan tambahan. 

Dengan demikian, dapur akan terlihat lebih rapi dan lapang. Tempat penyimpanan di kitchen island bisa digunakan untuk menyimpan perlengkapan dapur maupun bahan makanan.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com