Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2023, 16:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur adalah jantung sebuah rumah. Dapur juga  menjadi ruangan tersibuk, dari pagi hari menyiapkan makanan hingga malam hari menikmati hidangan serta membereskannya. 

Semua ini terus terjadi dan berulang setiap harinya. Tak heran, dapur rentan mengalami kotor dan kekacaun. Belum lagi, ada sejumlah kesalahan yang dilakukan orang di dapur

Baca juga: Simak, 8 Manfaat Lemon untuk Membersihkan Dapur

Kesalahan-kesalahan ini tentu saja menambah kekacauan di dapur, tapi sayangnya jarang disadari banyak orang. 

Dilansir dari Apartment Therapy, Senin (20/2/2023), berikut kesalahan yang dilakukan orang di dapur. 

Tidak melipat handuk dapur 

Ilustrasi serbet dapur.Shutterstock/New Africa Ilustrasi serbet dapur.
Handuk atau serbet dapur bermanfaat menyeka setiap kotoran serta cairan yang tertumpah di sejumlah permukaan dapur seperti meja, kitchen island, lantai, hingga backsplash.   

Sayangnya, kerapian handuk kurang diperhatikan. Banyak handuk tidak tersimpan rapi dan tertata di lemari linen atau dapur. Handuk dapur tidak dilipat baik, bahkan tergeletak begitu saja di dapur. 

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Membersihkan Dapur

Tidak memaksimalkan ruang di kulkas 

Penataan yang salah dapat membuat ruang di dalam kulkas menjadi terbatas. Ditambah, ada banyak barang yang tidak seharus dan sudah kedaluwarsa masih disimpan dalam kulkas.

Akibatnya kulkas menjadi berantakan dan penuh serta kurang efektif mendinginkan atau mengawetkan bahan makanan yang disimpan. 

Karena itu, singkirkan semua barang yang sudah kedaluwarsa dan tidak perlu dari dalam kulkas untuk memberikan keleluasaan dan membuat kulkas bekerja optimal. 

Baca juga: 7 Benda Dapur yang Paling Kotor dan Berkuman

Menyimpan mentega di laci bumbu 

ilustrasi mentega. SHUTTERSTOCK/bigacis ilustrasi mentega.
Selanjutnya, kesalahan yang dilakukan orang di dapur adalah menyimpan mentega di laci bumbu di dalam kulkas.

Menyimpan mentega paling baik di dalam kulkas untuk menjaga teksturnya serta mencegah  tidak makin melelah. Namun, banyak orang meletakkan di area salah di dalam kulkas, yakni laci bumbu. 

Akibatnya, mentega menjadi berbau bumbu dapur dan menjadi mempengaruhi rasanya saat digunakan untuk roti tawar. Sebaiknya, letakkan mentega di dalam kulkas bersama produk susu atau keju. 

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Lemari Dapur agar Tampak Baru 

Tidak menghapus label dapur yang salah eja

Menempel label pada produk atau wadah sering dilakukan banyak orang. Label itu biasanya berisi nama produk dan tanggal kedaluwarsanya guna memudahkan pencarian dan mengetahui batas akhir penggunaan produk. 

Sayangnya, ketika salah menuliskan deskripsi, beberapa orang tidak menghapus dan malahan masih menggunakannya. Hal ini bisa membuat kebingungan dan bisa membawa kerugian sepeti menonsumsi makanan yang sudah basi atau kedaluwarsa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com