Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Kolam Renang di Rumah

Kompas.com - 02/01/2023, 21:28 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kolam renang merupakan fitue mewah sekaligus fasilitas hiburan yang dimiliki sebuah rumah maupun bangunan.

Kolam renang juga menjadi salah satu fitur yang diinginkan banyak rumah, terlebih rumah yang memiliki area luas dan anak-anak. 

Baca juga: 5 Cara Pemeliharaan Kolam Renang yang Perlu Dilakukan

Memiliki kolam renang di rumah dapat menjadi tempat hiburan, bersantai, berkumpul, serta berpesta bersama keluarga, terlebih saat hari-hari musim panas. 

Selain itu, kolam renang juga dapat meningkatkan nilai jual rumah. Namun, semua itu dengan catatan kolam renang memiliki tampilan menarik, terawat, serta air yang jernih.  

Untuk itu, sebelum memasang kolam renang di rumah, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan dikutip dari My Decorative, Senin (2/1/2023). 

Tipe kolam renang

Ilustrasi kolam renang. Shutterstock/stock_SK Ilustrasi kolam renang.
Sebelum memulai membuat kolam renang, Anda perlu melakukan riset. Misalnya, seperti apa bentuk dan ukuran kolam renang yang diinginkan, kolam di atas atau di bawah tanah, dan jenis sistem sirkulasi apa yang akan digunakan.

Hal-hal ini akan membantu menentukan jenis kolam renang yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan Anda. 

Baca juga: Ingin Membeli Rumah dengan Kolam Renang? Pertimbangkan 5 Hal Ini Dulu 

Biaya

Selanjutnya, hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat kolam renang di rumah adalah biaya. Ini adalah komponen penting dari setiap proyek konstruksi. Bergantung pada jawaban Anda atas pertanyaan sebelumnya, ini akan memberi gambaran bagus tentang biaya proyek yang dilakukan. 

Anda harus menyiapkan anggaran yang ditetapkan. Ini akan membantu Anda memutuskan apakah Anda harus mengubah ide Anda saat ini, atau jika Anda mungkin harus menunggu sampai nanti untuk mendapatkan anggaran yang lebih besar.

Tidak ada gunanya mengambil jalan pintas untuk menghemat uang, terutama jika terjadi kesalahan, dan Anda tidak punya uang ekstra untuk menyelamatkannya. 

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kolam Renang Tetap Bersih dan Jernih 

Konstruksi

Pastikan prosedur yang benar diikuti saat membangun kolam. Saat memasang kolam renang, kemungkinan besar akan ada beberapa kabel listrik yang digunakan untuk kolam atau yang melewati area tempat pemasangannya.

Selain itu, pikirkan listrik untuk penerangan di kolam itu sendiri. Jika kabel tidak boleh berjarak 1,5 meter dari kolam renang, kabel listrik ini harus diletakkan di saluran bawah air. Pastikan itu semua mematuhi peraturan.

Lokasi kolam renang 

Ilustrasi kolam renang.Shutterstock/alexandre zveiger Ilustrasi kolam renang.
Lokasi juga menjadi hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat kolam renang. Perlu diingat, Anda tidak dapat memindahkan kolam renang setelah terpasang.

Jadi, sangat penting mendapatkan lokasi yang tepat dan memiliki ruang tambahan, seperti berjemur, sehingga memiliki banyak ruang pada tepi kolam renang. 

Baca juga: 6 Tips Perawatan Kolam Renang agar Tetap Bersih dan Terlihat Segar 

Perlu banyak biaya 

Kolam renang dapat meningkatkan nilai rumah yang besar. Namun, itu juga membutuhkan banyak biaya untuk membuatnya.

Karena itu, Anda tidak perlu menghemat uang saat membuat kolam renang. Anda perlu juga memikirkan pencahayaan dan jalan setapak beraspal di sekitar kolam rennag. 

Namun, saat menambahkan hal-hal ini setelah konstruksi, kemungkinan besar biayanya akan lebih mahal pada kemudian hari.

Membuat kolam renang baru adalah sesuatu yang dinanti-nantikan. Pastikan mengikuti semua langkah untuk menikmati proyek baru Anda sepenuhnya sehingga tidak menghadapi masalah apa pun pada kemudian hari. 

Nah, itu dia sejumlah hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat kolam renang. Jadi, jangan salah mengambil keputusan ya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com